Sukses

Lifestyle

6 Hal yang Sering Dilakukan Orang Insecure, Merasa Dirinya Tak Berharga

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang memiliki kepribadian yang terbuka akan banyak hal tentang dirinya sendiri. Dan ada juga orang yang terlalu menutup diri karena mereka mungkin takut jika orang lain mengkritik dan menghakimi mereka. Orang-orang yang tertutup cenderung tidak percaya diri. Mereka juga sulit mempercayai orang lain. Bahkan mereka juga meragukan kemampuan diri mereka sendiri meskipun mereka mencapai kesuksesan atau berada dalam hubungan yang sukses.

Orang yang tertutup memiliki beberapa pola perilaku yang mencolok yang menunjukkan tingkat ketidakamanan mereka. Lalu kebiasaan apa yang kerap dilakukan orang yang merasa tidak aman terhadap dirinya sendiri? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kerap Mencari Validasi dari Orang Lain

Orang yang tidak percaya diri merasakan kebutuhan terus-menerus untuk memvalidasi nilai mereka melalui pendapat orang lain. Mereka mencoba mencari persetujuan orang lain atas kepribadian atau pekerjaan mereka. Mereka mencari komentar dan pujian dari orang-orang dan hanya merasa bahagia ketika orang lain mengakuinya.

2. Mudah Merasa Sensitif

Mereka banyak bergumul dengan kritik dan sensiif ketika seseorang dengan kasar mengkritik harga diri dan kepribadian mereka. Mereka menjadi sangat emosional, bahkan mereka menangis atau menyerang orang lain dengan amarah.

3. Terlalu Perfeksionis

Orang-orang ini selalu berusaha untuk tampil sebagai individu yang sempurna di depan banyak orang. Mereka sangat tidak percaya diri dengan kekurangan mereka sehingga mereka mencoba melakukan semuanya dengan sempurna. Terkadang mereka terobsesi dengan gagasan untuk mencapai perfeksionisme yang bisa sangat beracun dan tidak sehat.

4. Kerap Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Mereka banyak membandingkan diri mereka dengan orang lain dan fokus pada apa yang orang lain lakukan dengan benar. Mereka merasa telah mengecewakan diri mereka sendiri ketika mereka membandingkan kemampuannya dengan orang lain. Mereka melihat prestasi orang lain atas prestasi mereka sendiri dan tenggelam dalam rasa malu karena tidak cukup baik.

5. Sulit untuk Mempercayai Orang Lain

Mereka memiliki banyak masalah dalam mempercayai orang lain. Mereka takut ditolak orang lain dan sangat takut disakiti. Sehingga mereka memilih untuk tetap waspada dan tidak mudah percaya pada orang. Oleh karena itu, mereka menghadapi banyak kesulitan dalam membentuk hubungan.

6. Berpikir Berlebihan

Orang yang tidak percaya diri banyak berpikir berlebihan. Mereka menenggelamkan diri dalam berbagai jenis pikiran dan terlalu mengkhawatirkan banyak situasi, bahkan sebelum itu terjadi. Hal ini menyebabkan kekhawatiran dan kecemasan yang berlebihan.

Orang-orang yang merasa insecure selalu mencari validasi dari orang lain. Namun, ketika kamu belajar mencintai diri sendiri, kamu akan jauh dari rasa tidak aman. Well, jangan ragu untuk tampil apa adanya dan percaya pada kemampuan diri sendiri. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading