Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Gampang Overthinking sebagai Perempuan Mandiri

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, kita akan dihadapkan pada banyak hal dan tanggung jawab baru. Bahkan kita dituntut untuk melakukan berbagai macam hal secara mandiri. Karena kita tak bisa selalu bergantung pada orang lain, maka kita perlu senantiasa melatih dan membiasakan diri hidup dengan cara yang lebih mandiri.

Walau menjadi perempuan mandiri tampak selalu kuat dan tangguh, tapi bisa jadi selama ini kita sebenarnya gampang merasa cemas dalam menjalani keseharian. Kita sering overthinking dan hati kita sering tidak tenang. Melansir laman MBG Mindfulness, overthinking merupakan pola pikiran yang repetitif dan tidak bernyawa. Biasanya terjadi saat kita dihadapkan pada pengalaman tak nyaman yang membuat pikiran kita terpacu untuk memikirkannya berulang kali. Agar tidak gampang overthinking, ada sejumlah cara sederhana yang bisa dicoba seperti cara-cara berikut ini.

 

 

1. Tuangkan Isi Pikiran dalam Jurnal

Menulis jurnal bisa bantu menguraikan isi pikiran yang berkecamuk. Setidaknya isi kepalamu tidak lagi terasa penuh ketika kamu bisa menuangkannya dalam media lain. Selain menulis jurnal, melakuka kegiatan seperti menggambar, membuat kerajinan tangan, atau hal-hal kreatif lainnya juga bisa dilakukan untuk mengurangi kebiasaan overthinking.

 

 

2. Gerakkan Tubuh

Kalau berdiam diri makin membuatmu cemas, khawatir, dan was-was berlebihan, kamu bisa coba untuk menggerakkan tubuhmu. Sekadar berjalan-jalan di sekitar rumah atau melakukan olahraga ringan juga bisa dilakukan untuk meredakan rasa cemas berlebihan yang kamu rasakan. Menggerakkan tubuh bisa memudahkan kita untuk memproses isi pikiran dan benak kita.

 

 

3. Fokuskan Perhatian

Ada banyak latihan yang bisa dicoba dan dilakukan untuk memfokuskan perhatian. Aktivitas seperti meditasi, yoga, hingga latihan pernapasan bisa memfokuskan perhatian dan membuatmu bisa lebih tenang. Bahkan melakukan aktivitas seperti berkebun atau memasak makanan kesukaan juga bisa dilakukan untuk mengatasi overthinking. Intinya adalah terhubung dengan hal-hal yang sedang dirasakan oleh diri dalam masa kini.

 

 

4. Kondisikan Ruangan

Terkadang ruangan berada di kamar atau ruangan tertentu membuat kita gampang cemas. Mungkin ada sesuatu atau hal yang memicu kecemasan dalam diri di dalam ruangan tersebut. Di sini, kita bisa coba pindah ke ruangan lain atau memperbaiki suasananya untuk membuat kita merasa lebih nyaman seperti dengan mendengarkan musik atau menyemprotkan pengharum ruangan.

 

 

5. Lakukan Hal-Hal yang Disukai

Melakukan hal yang kamu sukai bisa bantu redakan rasa cemas berlebihan yang kamu rasakan. Setidaknya rasa senang yang hadir bisa mengalihkan perhatianmu dari rasa gelisah yang ada. Kalau sudah berupaya melakukan hal-hal yang kamu sukai, tapi rasa cemas tak kunjung reda, ada baiknya untuk mencari bantuan profesional seperti ke psikolog atau psikiater. Menjadi perempuan mandiri bukan berarti memaksakan diri menyelesaikan semua persoalan seorang diri.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk bantu mengatasi overthinking. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading