Sukses

Lifestyle

4 Cara Efektif Menghilangkan Kutu Kucing Hingga Telur-telurnya

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah hewan yang biasa dijadikan peliharaan. Banyak orang memelihara kucing karena kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Tidak hanya itu, terkadang tingkah kucing bisa membuat pemiliknya yang sedang bersedih menjadi terhibur.

Namun memelihara kucing perlu komitmen tinggi. Biaya perawatannya tidak bisa dibilang murah, apalagi untuk kucing dengan ras tertentu yang harga jualnya mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Sebagai pemilik kucing yang telah memutuskan untuk memelihara kucing, maka harus siap bertanggung jawab pada hidupnya juga, terutama kesehatannya.Tidak jarang terlihat lebih sering menggaruk badannya dan ternyata ada kutu yang bersembunyi di balik bulu tebalnya. Kutu-kutu tersebut tidak hanya membuat kucing gatal dan tidak nyaman, namun juga bisa membahayakan kesehatannya jika tidak segera diobati.

Oleh karena itu, jika kamu mengetahui ada kutu di tubuh kucingmu, maka segeralah cari cara untuk menghilangkannya. Berikut cara yang cukup efektif untuk menghilangkan kutu kucing hingga telur-telurnya.

1. Gunakan sampo khusus kutu

Jika kamu sudah tahu bahwa kucingmu memiliki kutu, kamu harus rutin memandikannya dengan shampo khusus untuk kutu kucing. Langkah ini merupakan cara menghilangkan kutu kucing yang sederhana namun cukup efektif.

Nantinya, kandungan dalam shampo akan membunuh kutu dan telurnya pada kucing.

2. Beri obat kutu

Memberikan obat kutu kucing menjadi cara menghilangkan kutu pada kucing dengan efektif. Obat kutu untuk kucing biasanya berbentuk bedak tabur, obat tetes, atau spray.

Pastikan obat yang kamu pilih aman bagi kucing karena saat memiliki kutu kucing akan lebih sering menjilat dan menggigit tubuhnya.

3. Sisir dengan sisir kutu

Jika kamu sudah menggunakan shampo khusus dan obat kutu, kutu-kutu akan mati dan tentunya perlu untuk dibersihkan. Kamu bisa membersihkan kutu tersebut menggunakan sisir khusus.

Sisir kutu kucing biasanya terbuat dari logam yang cukup rapat. Selain kutu yang sudah mati, kamu juga bisa menangkap kutu kucing yang masih hidup.

4. Periksakan ke dokter hewan

Jika semua cara di atas sudah kamu coba namun kutu kucing terus kembali dan tak kunjung menghilang, maka cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksakan kucingmu ke dokter hewan. Nantinya dokter hewan akan memberikan obat dengan dosis yang sesuai dengan kebutuhan kucingmu. Mungkin juga dokter hewan akan memberikan obat melalui suntikan yang lebih ampuh daripada obat kutu yang dijual bebas di petshop.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading