Sukses

Lifestyle

Tidak Bisa Sembarangan, Ini 5 Cara Efektif Untuk Membersihkan Kaca yang Buram

Fimela.com, Jakarta Salah satu keindahan rumah adalah jendela. Dengan jendela, kamu bisa melihat keadaan di luar rumah. Misalnya sedang hujan, kamu tetap bisa menikmati hujan di rumah dengan cara memandanginya lewat jendela. Begitu juga dengan momen-momen lainnya.

Namun tentu saja momen tersebut jadi tidak nikmat kalau kaca jendela rumahmu kotor dan buram. Mungkin kamu berpikir kalau kaca jendela yang kotor dan buram itu bisa dibersihkan dengan mudah, hanya dengan menggunakan air dan sabun saja. Namun ternyata, menggunakan air dan sabun saja terkadang masih membuat kaca jendela buram.

Nah sebenarnya ada cara yang lebih efektif untuk membersihkan kaca jendela yang buram. Berikut beberapa cara membersihkan kaca yang buram yang lebih efektif daripada menggunakan air.

1. Alkohol

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan kaca yang buram adalah alkohol. Kadar alkohol yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan kaca yang buram adalah alkohol dengan kadar 50%-90%. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Tuangkan alkohol secukupnya pada kain lap yang lembut atau kapas.
  • Gosokkan kain lap yang telah diberi alkohol tersebut ke kaca yang buram.
  • Lap merata hingga seluruh bagian kaca bersih.
  • Setelah itu, lap kembali menggunakan kain lap yang bersih.

2. Pemutih Pakaian

Selain menggunakan alkohol, kamu juga bisa menggunakan pemutih pakaian. Untuk cara penggunaan sendiri hampir sama dengan alkohol, yakni dengan menuangkannya ke lap yang berbahan lembut dan gosokkan ke seluruh permukaan kaca hingga bersih. Setelah itu, bersihkan kembali kaca menggunakan lap yang masih bersih hingga tidak ada lagi noda-noda yang tersisa.

3. Pasta Gigi

Pasta gigi juga bisa jadi bahan untuk membersihkan kaca yang buram. Caranya cukup mudah, oleskan pasta gigi pada permukaan cermin, khususnya pada bagian yang dipenuhi oleh kotoran. Kemudian diamkan selama kira-kira 15 menit. Setelah didiamkan, bersihkan sisa-sisa pasta gigi yang menempel pada kaca menggunakan selembar kain hingga bersih. Gosokkan kain tersebut kepada kaca hingga noda hilang sempurna dan kaca kembali bersih serta berkilau.

4. Bubuk Kaporit

Bubuk kaporit biasanya digunakan untuk membunuh kuman yang berada di dalam air. Baik itu air sumur, air kolam renang, bahkan air dari dinas PDAM. Di samping itu, kaporit juga memiliki manfaat lain yakni untuk membersihkan kaca yang sudah buram. Caranya dengan mencampurkan kaporit dengan air hingga terbentuk cairan yang kental. Setelah kekentalannya dirasa cukup, oleskan larutan tersebut pada seluruh permukaan cermin. Kemudian basuh dengan air bersih dan usap kembali menggunakan kain bersih hingga benar-benar kering.

5. Cuka

Tidak hanya bisa digunakan untuk menambah cita rasa ketika menyantap sejumlah makanan seperti bakso dan asinan, cuka makan ternyata juga merupakan bahan yang sangat efektif untuk membersihkan kaca di rumah kita. Cara pembuatannya pun sangat mudah, yakni cukup campurkan 2 sendok makan cuka dengan air yang kemudian tuangkan ke dalam botol semprot.

Selain menggunakan cuka, kamu juga bisa mencampurnya dengan air sabun. Caranya juga cukup sederhana, hanya dengan mencampurkan 2 ml sabun cair, 45 ml cuka makan, dan 500 ml air panas kemudian diaduk hingga merata. Setelah itu tuangkan ke dalam botol semprot dan larutan cuka beserta air sabun pun siap untuk digunakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading