Sukses

Lifestyle

Penyebab Bibir Tiba-tiba Bengkak yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami bibirmu tiba-tiba membengkak? Pasti rasanya sangat tidak nyaman ya, Sahabat Fimela. Apalagi bibir digunakan untuk berbicara dan makan. Kalau bibirmu membengkak secara tiba-tiba, pasti kamu jadi kesulitan hanya untuk bicara dan makan.

Meskipun terjadi secara tiba-tiba, namun pasti ada penyebab mengapa bibirmu bisa bengkak. Namun sebenarnya apa sih penyebab bibir tiba-tiba bengkak?

Berikut beberapa penyebab bibir tiba-tiba bengkak.

1. Alergi Makanan

Bibir yang tiba-tiba bengkak bisa jadi karena kamu alergi makanan. Pebengkakan pada bibir biasanya dimulai setelah mengkonsumsi makanan yang membuatmu alergi. Banyak makanan yang memicu alergi terutama telur, kacang-kacangan, susu, dan kerang.

Coba ingat-ingat lagi apa makanan yang kamu makan sebelum bibirmu membengkak. Bisa jadi makanan itulah yang membuatmu alergi.

2. Angioderma

Angiodema merupakan salah satu kondisi jangka pendek yang dapat menyebabkan pembengkakan jauh di bawah kulit, hal ini biasanya dapat disebabkan oleh reaksi alergi, reaksi obat nonalergi, atau kondisi keturunan.

Pebengkakan juga dapat mempengaruhi bagian di dalam tubuh manapun, akan tetapi yang paling sering terjadi di bibir atau mata

3. Trauma Pada Bibir

Trauma pada bibir sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Trauma bisa berasal dari bibir yang tergigit, terkena benturan ataupun terkena pukulan. Hal lebih besar biasanya akibat kecelakan kendaraan bermotor. Bibir memiliki struktur sel yang lebih mudah menjadi tempat penumpukan cairan (seperti kelopak mata).

Akibat radang yang menyebabkan produksi cairan berlebihan atau karena terjadi perdarahan, akan dengan mudah tertumpuk disekitar bibir hingga menyebabkan terjadinya bengkak.

4. Gigitan atau sengatan serangga

Tidak sedikit orang yang mengalami bengkak pada mulut adalah akibat gigitan atau sengatan serangga. Penyebab paling sering misalnya gigitan semut atau sengatan lebah. Gigitan semut biasanya terjadi saat kita tertidur serta mengkonsumsi makanan dan minuman yang dikerumuni semut. Sedangkan sengatan lebah biasanya terjadi pada saat berkendara dengan motor dan tersengat lebah di jalan. Bengkak dapat terjadi adanya radang oleh gigitan atau sengatan, serta dapa karena adanya bisa (racun/toksin) dari sengatan serangga tersebut. Akibatnya seperti terjadi reaksi hipersensitivitas.

5. Sariawan

Hal yang paling terasa dari sariawan mungkin adalah nyerinya yang sangat mengganggu, sehingga aktivitas berbicara, makan dan minum terasa menjadi tidak nyaman. Sebenarnya selain nyeri, sariawan juga menyebabkan bengkak pada bibir atau mulut. Apalagi jika luka sariawannya berbentuk besar dan jumlah lebih dari satu. Sariawan dapat terjadi akibat infeksi atau diawali oleh trauma lebih dulu. Tetapi karena bengkaknya tidak begitu terasa, bagi banyak orang yang paling mengganggu adalah nyeri yang dirasakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading