Sukses

Lifestyle

Pentingnya Peran Pendidikan Perempuan di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sebagai pedoman untuk berinovasi, pendidikan harus memiliki kualitas sama rata untuk semua orang, terlepas dari jenis kelamin, orientasi dan identitas budaya. Secara keseluruhan, ada banyak alasan mengapa pendidikan itu penting untuk membantu seseorang dalam meningkatkan keterampilan komunikasinya dengan belajar membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan.

Menanam pendidikan sejak dini mampu memberikan dampak kepada diri sendiri, masyarakat, dan dunia. Pendidikan membuat pikiran menjadi kritis. Berpikir menggunakan logika saat membuat keputusan dan berinteraksi dengan orang lain. Anak perempuan yang memiliki pendidikan, cenderung memiliki prinsip untuk tidak akan menikah muda dan tahu mana yang terbaik untuk membangun masa depan mereka.

Dampaknya bagi negara

Pendidikan perempuan sangat penting untuk pengembangan negara, khususnya Indonesia. Perempuan berpendidikan tinggi mampu membagi kehidupan pribadi mereka dengan kehidupan profesional. Mereka dapat membawa Indonesia untuk mencapai kesetaraan gender dan memimpin masa depan yang lebih cerah. 

Tidak mudah menjadi perempuan, mereka harus mempertahankan keterampilan, pengetahuan, dan kepercayaan diri mereka untuk menjadi seorang ibu, istri, dan pekerja dalam waktu yang bersamaan. Biasanya seseorang yang berpendidikan dan berinisiatif tinggi lebih produktif di tempat kerja.

Minimnya kesempatan

Tanpa pendidikan, kecil kesempatannya untuk mendapatkan pekerjaan berkualitas di sektor swastar mauapun negeri. Sebagian besar perusahaan membutuhkan berbagai kriteria keterampilan yang harus dimiliki, seperti pengambilan keputusan, berpikir logis dan strategis, keterampilan perencanaan dan pelaksanaan, dan sebagainya. Semua keahlian tersebut hanya dapat diperoleh melalui pendidikan.  

Sayangnya, sebagian besar pola pikir orang tua Indonesia jarang mendukung anak perempuan mereka untuk melanjutkan pendidikan karena beberapa alasan. Mereka masih memiliki pikiran bahwa lebih baik untuk bekerja mengurus pekerjaan rumah tanpa memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan. Banyak anggapan pendidikan hanya sebagai alat untuk mencari pekerjaan, nyatanya itu adalah warisan jangka panjang yang dapat diturunkan kepada generasi berikutnya.

Peranan menjadi ibu

Mengingat budaya Indonesia yang mengutamakan kehidupan keluarga, maka wajib adanya peran perempuan dalam keluarga. Anak-anak nantinya akan mewarisi kecerdasan ibu mereka, bukan ayah mereka. Selain itu, peran seorang ibu memiliki pengaruh yang signifikan. Seorang anak membutuhkan keberadaan seorang ibu yang cerdas, selain untuk menjadi dokter rumah, bisa menjadi guru pengajar saat di rumah dan pada saat yang sama memberikan perlindungan dan perhatian.

Cobalah untuk keluar dari zona nyaman, kejar impian dan capailah pendidikan setinggi mungkin. Indonesia membutuhkan dukungan perempuan untuk berkembang, mencapai kesetaraan gender, dan membawa masa depan anak-anak menjadi generasi yang terdidik.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading