Sukses

Lifestyle

Sensasi Berkunjung ke 3 Museum Ikonis di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Museum bukanlah hanya sekadar bangunan besar yang dipenuhi barang-barang kuno. Museum tidak hanya menjadi tempat untuk menyimpan barang-barang koleksi saja, tetapi juga sebagai tempat untuk menginspirasi, mendidik, dan memberikan pengalaman baru untuk siapa pun yang memasukinya. Beberapa museum mungkin berupa bangunan besar yang menampilkan berbagai koleksi seni dan artefak sejarah, sedangkan tidak sedikit pula museum yang berada di luar bangunan, seperti museum alam terbuka atau taman sejarah yang menampilkan artefak dan benda-benda di lokasi asli. 

Banyak yang berpikir bahwa museum hanyalah tempat yang membosankan dan dapat dinikmati oleh orang lanjut usia saja, namun  pengunjung museum bisa berasal dari berbagai latar belakang dan usia. Mereka datang dengan berbagai tujuannya masing-masing, seperti belajar menambah wawasan, menikmati atau mengagumi seni, atau bahkan hanya sekadar menghabiskan waktu luang.

Pengunjung bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang diberikan oleh museum, seperti mengikuti tur pemandu wisata. Selain itu mereka juga bisa berpatisipasi dalam kegiatan yang biasa diadakan oleh beberapa museum. 

Beberapa museum mengadakan workshop, diskusi, dan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat. Berkunjung ke museum pada malam hari memberikan pengalaman yang lebih intim daripada di siang hari. Banyak museum yang memiliki jadwal buka hingga tengah malam dan mengadakan acara khusus di malam hari bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman yang berbeda.

Namun beberapa museum menyediakan program khusus hanya pada malam hari, sebaiknya periksa jadwal terlebih dahulu sebelum datang berkunjung.

Victoria & Albert Museum, London

Victoria & Albert Museum biasa dikenal dengan nama V&A, salah satu museum seni yang terkemuka di dunia. Menampung segudang koleksi, seperti furnitur, fashion, tekstil, patung, lukisan, perhiasan, kaca, keramik, seni buku, dan masih banyak lagi. Di V&A Museum ini juga menawarkan seni teater dan pertunjukan.

Terletak di South Kensington, London, museum ini buka hingga pukul 22.00. Setiap hari Jumat di setiap bulan kecuali Januari, Mei, dan Desember, V&A museum mengadakan acara dengan tema Friday Late untuk merayakan seniman kontemporer dan budaya visual yang mendatangkan seniman dan desainer terkemuka.

Banyak fasilitas yang diberikan, para pengunjung bisa datang secara gratis untuk menyaksikan aktivitas seni, pertunjukan musikal, memutar film, dan live music DJ. 

The Metropolitan Musem of Art, New York

Terkenal dengan sebutan The Met, salah satu museum terbesar di dunia yang terletak di dua situs ikonik The Met Fifth Avenue dan The Met Cloisters. Patut dikagumi seninya karena menyajikan karya seni dari setiap sudut dunia yang umurnya lebih dari 5.000 tahun. Museum ini juga dipakai sebagai lokasi dari ajang pertunjukan red carpet, The Met Gala. 

The Met Museum mengadakan sejumlah acara di akhir pekan yang dinamakan MetFridays. Rasakan keindahan pameran seni di malam hari didampingi dengan pertunjukan konser, kelas workshop menggambar, dan menikmati koktail bersama teman. 

Bagi yang ingin merasakan pengalaman date night di museum, The Met juga menyelenggarakan event malam setiap hari Jumat dan Sabtu mulai pukul 17.00 hingga 21.00, menunjukan indahnya pesona art gallery dengan pertunjukan live music dan hidangan spesial di American Wing Cafe dan Great Hall Balcony Cafe.

National History Museum, London

Terletak di South Kensington, London dan merupakan satu kawasan dengan Victoria & Albert Museum. National History Museum menyimpan koleksi bersejarah dan harta karun unik yang terdiri dari lebih 80 juta objek selama 4,5 miliar tahun. Museum ini terisi dengan  berbagai benda-benda planet serta kerangka fosil dari binatang-binatang bersejarah, salah satunya dinosaurus. 

Di museum ini menyediakan berbagai ruangan dengan tema bersejarah masing-masing. Runagan Hintze Hall adalah tempat terbesar dari National History Museum, dengan kesan megah dan mewah terdapat kerangka paus biru besar di tengahnya. Ruangan Earth Hall dikelilingi oleh benda-benda planet dan tata surya bumi, termasuk moon rock, precious metals dan fluorescent minerals. 

Jangan lewatkan kegiatan menginap di Hintze Hall di bawah ikan paus biru, Dino Snores for Grown Ups. Berbagai aktivitas luar biasa disediakan sepanjang malam untuk para tamu yang mendaftar kegiatan ini, seperti akses gratis ke galeri, makan malam spesial, pertunjukan sains dan stand-up comedy, maraton film sepanjang malam, dan di pagi hari diberi kesempatan untuk mengikuti sesi yoga. 

Untuk tiket masuk museumnya sendiri gratis tanpa biaya apapun, namun untuk beberapa kegiatan dan event memerlukan biaya tertentu dan dapat memesan tiketnya terlebih dahulu. 

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading