Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Wifi Lemot yang Sangat Mengganggu

Fimela.com, Jakarta Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang cukup umum digunakan oleh kebanyakan orang. Sebagian besar orang saat ini pasti sudah mengenal bahkan menggunakan komputer dalam aktivitas sehari-hari. 

Keberadaan komputer saat ini sudah seperti smartphone atau ponsel yang dianggap sebagai kebutuhan primer, bukan lagi sarana hiburan saja. Hal tersebut dikarenakan komputer sangat berguna untuk membantu manusia dalam melakukan berbagai hal seperti salah satunya bekerja.

 

Untuk lebih memudahkan pekerjaan, komputer atau berbagai gawai biasanya dilengkapi dengan akses internet. Untuk dapat mengakses internet, dibutuhkan data seluler atau wifi. Namun koneksi wifi tidak selalu lancar. Ada kalanya wifi lemot yang sangat menyebalkan dan mengganggu keseharian kita yang berkaitan dengan internet.

Lalu sebenarnya apa sih penyebab wifi lemot? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Jarak Router Terlalu Jauh

Sinyal WiFi berasal dari router, jadi semakin jauh dari router maka akan semakin lemah sinyal dan kecepatannya. Ada baiknya saat kamu memasang Wifi, menaruh sinyal router berada di tengah ruangan agar jaringan dapat meluas dan menjangkau di beberapa ruangan.

2. Belum Diperbarui

Saat kamu menggunakan alat elektronik tentu akan memperbarui sistem operasionalnya, terutama pada smartphone yang sering digunakan. Hal ini juga sama dengan WiFi yang kamu gunakan, pada hal ini kamu perlu memperbarui driver, firmware, dan sistem operasi dan perbaikan keamanan.

3. Router Sudah Terlalu Tua

Router yang lama atau yang lebih tua dari 5 tahu terkadang tidak akan sama dengan standar yang terbaru seperti (802.11 ac / WiFi 5). Router yang lama tentu akan mengahambat kecepatan WFi seperti yang digunakan saat pertama kali, ada baiknya jika kamu melakukan upgrade terbaru pada router.

4. Antena Router Lemah

Banyak router memiliki antena eksternal atau yang dapat dilepas, hal ini biasanya dikarenakan kemampuan upgrade. Memasang antena perlu penguatan yang lebih tinggi dan tepat agar dapat memberikan jangkauan, efisiensi, dan kecepatan yang lebih tinggi pada WiFi.

5. Perangkat yang Sudah Terlalu Tua

Meskipun hal ini tidak berkaitan dengan router WiFi, tetapi beberapa ponsel atau laptop dengan penggunaan yang lama dapat memberikan dampak pada kecepatan yang berbeda.

Itulah beberapa hal yang bisa membuat wifimu jadi lebih lemot. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading