Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Dirimu Makin Mudah Cemas Menjalani Hidup Saat Ini

Fimela.com, Jakarta Waktu bisa berlalu begitu cepat. Perubahan demi perubahan terus datang silih berganti dalam hidup. Berbagai hal yang terjadi dalam hidup pun bisa membuat kita merasa kewalahan sendiri. Bahkan ketika menjalani masa kini, kamu bisa merasa gampang overthinking dan mudah cemas.

Kenapa kita bisa mudah merasa cemas menjalani hidup saat ini? Bagi kamu yang juga makin sering dihantui perasaan tidak nyaman dan penuh kekhawatiran, bisa jadi penyebabnya adalah hal-hal berikut ini. Mari kita coba uraikan satu per satu.

 

 

 

1. Takut Menghadapi Masa Depan

Rasa takut menghadapi masa depan bisa membuatmu cemas berlebihan. Apalagi jika kamu merasa masa depanmu bakal suram, maka kamu akan makin tidak tenang menjalani masa kini. Mengutip buku The Comfort Book, "Kita tidak perlu mengetahui masa depan untuk punya harapan. Kita hanya perlu menerima konsep kemungkinan. Menerima bahwa ketidaktahuan akan masa depan adalah kuncinya, dan bahwa ada berbagai versi masa depan yang lebih cerah dan lebih adil ketimbang masa kini. Masa depan itu bersifat terbuka." Jadi, untuk mengurangi rasa cemas berlebihan, coba hadirkan harapan baik soal masa depan. Setidaknya dengan begitu, hatimu bisa lebih tenang jalani masa kini.

 

 

2. Terlalu Sering Membandingkan Diri

Sikapmu yang terlalu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain bisa memicu rasa cemas berlebihan. Makin sering kamu melihat kehidupan orang lain, makin sulit kamu menerima keberadaanmu sendiri di masa kini. Padahal untuk bisa lebih menikmati hidupmu sendiri, kamu perlu fokus menjalani semua yang ada di dalam dirimu,

 

 

3. Merasa Hilang Arah

Dalam hidup kita akan dihadapkan pada perasaan hilang arah di beberapa titik atau fase baru. Tak tahu harus ke mana atau tak tahu harus mengambil langkah dan pilihan apa dalam hidup bisa membuat hatimu gusar. Merasa bingung dan hilang arah bisa menghadirkan rasa khawatir yang berlebihan. Padahal bisa jadi perasaan ini hadir karena sebenarnya kamu sedang butuh rehat sejenak dari segala aktivitas dan kesibukanmu.

 

 

4. Tekanan Hidup Bertambah

Tuntutan dan tekanan hidup yang bertambah juga bisa membuatmu gampang cemas. Memaksakan diri untuk memenuhi semua harapan orang lain bisa membuat kita lelah sendiri. Kamu pun bisa makin stres dan gelisah ketika ada banyak hal yang rasanya belum bisa kamu lakukan dengan baik. Padahal kita pada dasarnya punya keterbatasan, dan sungguhlah manusiawi saat ada hal-hal yang kita lakukan belum benar-benar sempurna dan butuh perbaikan.

 

 

5. Terlalu Sering Berpikiran Negatif

Kecemasanmu bisa makin intens saat kamu hanya fokus melihat sisi buruk dari segala sesuatu. Kalau semua yang kamu lihat dan alami selalu kamu tanggapi dengan sinis dan pikiran negatif, maka hal yang kamu rasakan juga bisa makin negatif. Cobalah untuk tetap berusaha mengambil hikmah dari kejadian atau pengalaman yang ada. Agar dengan demikian, rasa cemas yang kamu rasakan bisa sedikit berkurang.

Kalau kamu merasa butuh bantuan profesional atas rasa gelisah dan cemas berlebihan yang kamu rasakan, ada baiknya untuk berkonsultasi ke psikolog atau psikiater ya. Kesehatan mentalmu juga sama pentingnya dengan kesehatan tubuhmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading