Sukses

Lifestyle

8 Tips yang Harus Dilakukan untuk Membantu Perjalanan Karier Perempuan

Fimela.com, Jakarta Karier pekerjaan untuk perempuan adalah sebuah pilihan. Sebagai individu, perempuan memiliki hak dan kebebasan yang sama seperti pria untuk memilih jalur karier yang ingin diambil. Kesetaraan karier merupakan prinsip bahwa perempuan harus memiliki akses yang sama rata dengan pria dalam hal potensi, penghargaan, dan pengakuan di tempat kerja. 

Hal ini menunjukkan bahwa perempuan harus bisa memilih dan berkembang dalam karier mereka tanpa adanya sifat-sifat dikriminasi berdasarkan jenis kelamin. Namun sayangnya, masih banyak kesenjangan karier pekerjaan yang dialami perempuan, dalam mencapai karir yang mereka inginkan karena beberapa faktor, seperti diskriminasi, stereotip gender, dan keterbatasan sistem kerja. 

Perlu adanya upaya untuk menghilangkan diskriminasi pada perempuan dan memastikan bahwa mereka memiliki kesempatan yang sama dengan pria di dalam bidang pengalaman kerja. Terlepas dari semua tantangan ini, banyak perempuan sudah membuktikan bahwa mereka berhasil dalam karier yang mereka pilih. Terlihat dengan lebih banyak bisnis yang dimiliki perempuan saat ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Kini, sudah waktunya perusahaan untuk mengambil tindakan untuk memperlakukan keragaman gender dengan menciptakan budaya saling menghormati dan inklusif, sehingga perempuan bisa merasa aman dan didukung di tempat kerja. Bagi perempuan yang sedang berjuang untuk mencapai karier pekerjaannya, mungkin 8 tips ini akan membantumu menuju langkah yang benar.

Ciptakan personal branding yang kuat

Personal branding adalah cara untuk membangun citra diri yang positif serta mengenalkan kepribadian unik dan nilai yang dimiliki dalam karier. Dengan menciptakan citra diri dan reputasi yang kuat dapat mengembangkan peluang karier dan diakui di bidang yang dipilh. 

Menjalin hubungan baik

Membangun jaringan hubungan sangat penting dalam dunia pekerjaan, dengan memiliki banyak koneksi dapat membuka peluang karier serta menjangkau potensi lebih luas. Membangun hubungan kerja memang membutuhkan waktu dan upaya, cobalah untuk mengikuti komunitas profesional atau hadiri acara yang dihadiri oleh banyak orang penting. Pertahankan hubungan yang saling menguntungkan dan pertahankan komunikasi dengan koneksimu.

Meminta feedback 

Feedback membantu kita untuk mengevaluasi dan meningkatkan hal yang harus diperbaiki. Dengan begitu, kamu akan lebih meningkatkan kinerja kerja dan memperbaiki keterampilan kemampuanmu. Pilih orang yang tepat untuk dimintai feedback pekerjaanmu, orang yang memiliki pengalaman profesional dan bisa memberikan perspektif yang berbeda. 

Siap untuk tantangan baru

Memiliki sifat selalu siap untuk menghadapi tantangan baru dalam bekerja adalah bagian dari perkembangan karier yang penting guna meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri. Perlu memiliki keberanian untuk mencoba hal-hal baru atau mengambil langkah yang berbeda, maka dari itu kamu akan mendapatkan perspektif baru. 

Giat untuk menambah wawasan

Di era modern seperti saat ini, perusahan dan industri melakukan perubahan dan pengembangan terus-menerus mengikuti derasnya arus teknologi. Hal ini membuat kompetitif pesaing semakin sengit. Oleh karena itu, penting untuk selalu cari kesempatan belajar dan mengembangkan skill yang dimiliki, sehingga siap untuk menghadapi pesaing di luar sana. Jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru yang dapat memperkaya pengalaman.

Selalu konsisten

Konsisten adalah salah satu kunci penting dalam mencapai karier yang sukses. Tanamkan sifat konsisten dalam dirimu dan selalu ingat mengapa kamu benar-benar menginginkan pekerjaan ini. Jangan menyerah, tetapkan tujuan karier yang jelas dan fokus pada untuk mencapai tujuan tersebut. Selalu ingat bahwa orang sukes membutuhkan waktu dan proses yang panjang.

Kegagalan adalah proses kesuksesan

Kegagalan menjadi bagian dari proses menuju kesuksesan seseorang. Setiap kali merasa bahwa kita gagal, saatnya menganalisa dan mencari cara untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Maka dari itu, kegagalan membantu seseorang untuk tumbuh berkembang menjadi lebih baik.

Jangan memaksakan diri

Memang benar, kita perlu memiliki rasa gigih dalam bekerja untuk mencapai tujuan karier. Namun, jika terlalu memaksakan diri, akan berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Terlalu banyak bekerja tanpa istirahat juga menyebabkan kelelahan, stres, penyakit, atau bahkan depresi. P

enting untuk memposisikan diri sendiri menjadi prioritas pertama, dimulai dari berhenti bekerja sejenak untuk menjernihkan pikiran. Lakukan ‘me time’ atau luangkan waktu untuk sendiri, dan cari hiburan yang membuatmu tenang.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading