Sukses

Lifestyle

5 Sikap yang Membuatmu Tetap Kuat meski Doamu Belum Terkabul

Fimela.com, Jakarta Wajar jika kita merasa sedih saat doa yang sudah kita panjatkan sekuat mungkin belum terkabul. Wajar jika kita sempat merasa kehilangan harapan saat angan tak menjadi kenyataan. Namun, belum terkabulnya bisa menjadi bagian dari proses pendewasaan diri.

Saatnya untuk tetap kuat dan menjaga harapan baik di tengah doa yang belum terkabul. Saat kita bisa memperbaiki sikap kita, kita bisa menjadi pribadi yang justru lebih kuat lagi. Berikut ini sejumlah tips dan cara sederhana yang bisa dicoba agar kita bisa tetap kuat meski ada doa kita ada yang belum terkabul sesuai keinginan pribadi kita.

 

 

 

1. Ikhlas

Mengutip buku Menjadi Manusia Menjadi Hamba, ada doa klasik dari seorang teolog bernama Reinhold Niebuhr. Doa yang disebut serenity prayer ini populer sekali, "Ya Tuhan, beri aku keikhlasan menerima segala yang tidak bisa aku ubah, keberanian untuk mengubah segala yang bisa aku ubah, dan kebijaksanaan untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya." Dalam menyikapi doa yang belum terkabul, memang ada baiknya kita berusaha untuk ikhlas. Sebab diri kita sebagai manusia biasa juga memiliki keterbatasan.

 

 

2. Berani

Masih berkaitan dengan serenity prayer, kita bisa meningkatkan keberanian untuk mengubah hal-hal yang sekiranya masih kita ubah. Kita masih punya kesempatan dan kebebasan untuk melakukan upaya terbaik dalam hal-hal yang masih bisa kita perbaiki. Ketika ada doa yang belum terkabul, dan kita tetap memberanikan diri untuk berusaha melakukan semua yang terbaik sesuai kapasitas diri maka kita bisa menjadi pribadi yang lebih kuat lagi.

 

 

3. Bijaksana

Jadilah pribadi yang lebih bijak lagi dalam menyikapi keadaan. Belum terkabulnya sebuah doa bisa jadi merupakan hal baik untukmu. Bisa jadi memang ada hal-hal lain yang lebih baik untukmu. Tertundanya sebuah doa untuk dikabulkan bisa jadi memberimu peluang untuk belajar mengenali diri lebih baik. Serta, membuatmu untuk menemukan hal-hal baru dalam hidup yang menghadirkan warna berbeda dalam keseharian.

 

 

4. Yakin

Perkuat keyakinanmu bahwa tidak ada yang sia-sia dari setiap doa baik yang kamu panjatkan. Dengan makin kuatnya keyakinan, makin kuat pula hatimu dalam menghadapi realitas yang ada. Yakinlah bahwa segala yang terjadi dalam hidupmu adalah skenario terbaik dari-Nya. Maka, hatimu bisa lebih kuat dan jiwamu makin tegar lagi ke depannya.

 

 

5. Sabar

Perbanyak sabar dalam keseharian. Bersabar akan makin menguatkan dirimu. Bahkan kadang dengan bersabar, hal-hal yang lebih baik bisa terjadi di dalam hidupmu. Kesabaran bisa membuatmu tetap kuat melangkah ke depan dan melakukan hal-hal yang terbaik dalam hidup. Doa yang diiringi dengan sabar bisa menjadi penyelamat hidup kita.

Tetaplah berdoa dan teruslah berusaha sebaik mungkin. Serta tetaplah berprasangka baik pada-Nya, ya. Maka, hatimu akan senantiasa kuat dalam menjalani kehidupan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading