Sukses

Lifestyle

Penyebab Banyak Rayap di Rumah dan Cara Membasminya Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Hama adalah organisme yang dianggap merugikan dan tak diinginkan dalam kegiatan sehari-hari manusia. Walaupun istilah "hama" dapat digunakan untuk semua organisme, tetapi istilah ini paling sering dipakai hanya kepada hewan.

Contohnya seperti hama wereng yang menyerang lahan padi milik petani. Petani jadi rugi karena padinya habis dimakan wereng. Ulat yang memakan daun pada kebun teh juga termasuk hama.

Contoh lainnya adalah rayap tanah. Rayap juga termasuk dalam hama. Hal ini dikarenakan rayap sangat merugikan manusia karena sering memakan perabotan kayu di rumah hingga habis. Tidak hanya perabotan kayu, terkadang buku-buku pun bisa jadi santapan bagi para rayap.

Oleh karena itu, adanya banyak rayap di rumah pasti terasa sangat mengganggu. Sebenarnya apa sih penyebab banyak rayap di rumah? Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya rayap di rumah serta cara membasminya secara alami.

1. Lingkungan yang Panas dan Basah

Rayap senang tinggal di lingkungan yang panas dan basah. Coba perhatikan lingkungan tempat tinggalmu. Kalau tempat tinggalmu juga demikian, maka wajar jika kemudian banyak rayap tanah yang tinggal di situ.

2. Lembab

Selain lingkungan yang panas dan basah, rayap tanah juga senang tinggal di lingkungan dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Apalagi jika ditambah dengan cuaca yang hujan terus menerus. Oleh karena itu, sebuah keharusan untukmu yang tinggal di area yang lembab untuk memastikan lingkungan di sekitarmu tetap kering.

3. Banyak Kayu

Makanan rayap tanah adalah kayu. Nah kalau di rumahmu ada banyak kayu ditambah dengan kayu tersebut ditempatkan di tempat yang lembab, maka tempat itu adalah tempat yang sempurna bagi rayap untuk tinggal. Coba cek tempat di rumahmu yang diisi banyak kayu yang menumpuk dan lembab. Pasti ada banyak rayap di sana.

Cara Membasmi Rayap dengan Bahan Alami

1. Pastikan Ada Ventilasi

Rayap sangat menyukai tempat yang lembab dan gelap. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghindari rumah dari serbuan rayap adalah dengan memastikan cukupnya ventilasi udara.

Dengan adanya ventilasi udara yang cukup, maka akan ada sinar matahari yang masuk. Sinar matahari ini akan mengeringkan sudut-sudut rumah yang lembap. Semakin sedikit tempat yang lembap, maka semakin kecil pula hadirnya rayap di rumah.

2. Rutin membersihkan rak atau tumpukan buku

Jangan merasa aman dulu karena rumahmu tidak berbahan kayu atau sedikit memiliki furnitur kayu. Rayap juga mengincar buku tumpukan buku, lho. Jika kamu mengoleksi buku di rumah, usahakan untuk membersihkannya secara rutin. Kalau memungkinkan, jemur juga koleksi bukumu di bawah sinar matahari untuk memastikan buku-bukumu selalu kering.

Sebab, buku yang lembab menjadi sarang rayap. Bukan cuma lemarimu yang terancam, buku-bukumu juga bisa rusak dan rapuh apabila sudah terkena serangan rayap

3. Tutup Genangan Air

Di musim hujan, biasanya udara di sekitar rumah menjadi lebih lembab. Terlebih lagi, jika ada genangan air. Tempat tersebut merupakan lokasi terbaik untuk nyamuk dan rayap untuk berkembang biak.

Bersihkan rumah dari genangan air secara rutin jika memang sedang di musim penghujan. Jika kamu juga memiliki kolam atau tempat penampungan air, bersihkan juga secara berkala untuk meminimalkan tumbuhnya lalat dan rayap.

4. Gunakan Kardus

Letakan kardus bekas yang sudah dibasahi di tempat-tempat yang kamu curigai terdapat rayap. Letakan di sana selama beberapa hari. Rayap akan sangat menyukai kardus lembab dan akan mendatangi jebakanmu.

Jika rayap sudah terperangkap di kardus, bersihkan lokasi tempat kardus tersebut diletakan agar rayap tidak kembali lagi.

5. Jangan Tempelkan Furnitur ke Dinding

Cara mudah menghilangkan rayap dari rumah adalah dengan tidak menempelkan perabotan rumah ke dinding secara langsung. Dinding yang lembab akan mudah terserap oleh perabotan yang menempel langsung dengannya. Hal ini menyebabkan perabotan juga menjadi lembab dan ditumbuhi rayap. Oleh karena itu, coba beri ruang sedikit antara dinding dan perabotan supaya tidak menimbulkan lembab.

6. Gunakan Asam Borat

Cara membasmi rayap dari rumah adalah dengan menaburkan atau membalurkan asam borat pada perabotan yang mudah ditumbuhi rayap. 

Cara menggunakannya adalah dengan melarutkan asam borat ke dalam air, kemudian semprotkan ke bagian perabotan yang ingin dilindungi dari rayap. Kamu juga bisa menghancurkannya, lalu menaburkan asam borat ke sudut-sudut rumah. Rasa asam dari asam borat sangat tidak disukai rayap dan akan membuat rayap pergi.

7. Jemur Furnitur Kayu Secara Berkala

Furnitur kayu sangat rentan terhadap serangan rayap. Maka dari itu, untuk menghindarinya, kita harus menjemur berbagai furnitur kayu secara berkala di bawah sinar matahari. 

Suhu tinggi yang dihasilkan sinar matahari dapat membuat rayap mati. Selain itu, kayu juga menjadi lebih kering dan terhindar dari rayap.

Itulah berbagai penyebab mengapa banyak rayap di rumahmu serta cara membasminya secara alami. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading