Sukses

Lifestyle

Tips Bank Indonesia agar Simpan Uang di Rumah Bebas Khawatir Dimakan Rayap

Fimela.com, Jakarta Sebuah kejadian mengejutkan datang dari Solo. Samin, penjaga sekolah di SD Lojiwetan mengalami kerugian capai puluhan juta rupiah akibat uang tabungan nyaris habis dimakan oleh rayap. Uang yang disimpan di dalam celengan plastik tersebut akan dipakai untuk umrah. Kejadian ini tentu membuat Samin harus mengurungkan niatnya. 

Melihat kejadian ini, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo menyarankan jika sebaiknya masyarakat menyimpan uang di bank. Jika harus menyimpan di rumah, maka ada sejumlah tips dan trik yang harus diperhatikan. 

1. Simpan di tempat kering

Pastikan agar tempat penyimpanan uang kering. Hal ini akan membuat uang tetap kering dan bebas jamur. Di saat kamu menyimpannya di tempat lembap, maka jamur bisa merusak uang kertas tersebut dan berpotensi hancur akibat rayap.

 

 

2. Pastikan bebas rayap

Simpan di tempat bebas rayap. Sebisa mungkin tempat yang digunakan tertutup rapat sehingga tidak membuka peluang bagi rayap untuk masuk. Pada kasus Pak Samin, rayap tersebut masuk ke dalam celengan yang menyebabkan uang habis dimakan rayap. 

3. Jangan simpan terlalu lama

Menyimpan uang di rumah sah-sah saja. Tapi ingat, jangat terlalu lama. Tempat penyimpanan uang harus dicek secara berkala dan sebisa mungkin dicek setiap dua bulan untuk melihat kondisi uang tersebut, apakah aman atau tidak. 

4. Simpan di Bank

Simpan uang di dalam bank secara berkala. Cara ini juga berguna untuk menghindari kecelakaan yang tak diinginkan seperti kehilangan, bencana, hingga rayap. Di saat kita menyimpan uang tabungan di bank, maka bisa meminimalisir risiko yang dihadapi. 

 

5. Freezer bisa jadi solusi

Siapa sangka, tempat menaruh makanan beku ini adalah tempat paling aman di rumah untuk menyimpan uang. Uang harus dilapisi dengan plastik khusus dulu, baru dimasukkan ke dalam freezer. 

6. Gunakan anti rayap

Jika sudah menemukan tempat yang cocok untuk simpan uang di rumah, kalian juga harus menyiapkan anti rayap agar uang tabungan aman dari serangga. Manfaatkan Kapur barus, silica gel, dan, plastik khusus uang, sehingga tabungan aman terjaga.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading