Sukses

Lifestyle

10 Manusia Terpandai di Dunia Dilihat dari IQ Mereka

Fimela.com, Jakarta Albert Einstein dan Thomas Alva Edison dikenal sebagai dua manusia terpintar di bumi. Namun, semakin banyak penemuan orang-orang pandai di dunia dengan tingkat IQ yang mencapai ketinggian baru

Tentu saja, mengingat inovasi dan kreativitas semakin baik dari hari ke hari. Lantas, siapa saja para jenius atau manusia terpandai di dunia dilihat dari IQ mereka? Berikut beberapa yang harus kita ketahui, jika belum mengetahuinya;

 

1. Stephen Hawking (IQ: 160-170)

Ahli astrofisika ini merupakan seorang jenius murni. Meski mengalami depresi dan penyakit neuoron motorik, manusia terpandai sejagad ini berhasil menemukan karier akademisnya. Terkenal dengan bukunya ‘A Brief History of Time’ pada tahun 1988, telah mempelopori beberapa teori tentang black boles dan tampil sebagai bintang tamu di berbagai acara TV seperti The Simpsons, Futurama, dan Star Trek: The Next Generation.

 

2. Edward Witten

Teori String, M-theory, quantum gravity dan super-symmetry. Apakah kata-kata ini terdengar familiar untukmu? Edward Witten telah berkontribusi banyak sebagai seorang fisikawan. Ia digambarkan sebagai fisikawan paling cemerlang di generasinya sekaligus fisikawan teoretis terhebat di dunia.

 

3. Noam Chomsky

Dijuluki sebagai bapak linguistik modern, Noam Chomsky merupakan seorang ilmuwan kognitif, filsuf, dan pengamat politik. Karyanya merevolusi segalanya, mulai dari kecerdasan buatan hingga teori musik. Dia juga telah menulis lebih dari 100 buku dan terpilih menjadi 100 Intelektual Publik Teratas Dunia dalam jajak pendapat tahun 2005.

 

 

4. Manahel Thabet (IQ:168)

Ilmuwan perempuan, ekonom, dan konsultan Yaman ini adalah bagian dari 0,1% IQ tertinggi dunia. Dia juga orang termuda dan satu-satunya orang Arab yang pernah mencapai penghargaan tersebut. Dia memenangkan banyak penghargaan, termasuk penghargan Kemanusiaan PBB.

 

5. Judit Polgar (IQ: 170)

Dia adalah pemain catur perempuan terbaik dalam sejarah. Polgar disebut sebagai anak ajaib, yang menjadi grandmaster pada usia 11 tahun. Fakta menarik Polgar diungkap sang ayah. Ayahnya membesarkan Polgar untuk membuktikan bahwa “orang jenius dibuat, bukan dilahirkan.”

 

6. Andrew Wiles (IQ: 170)

Pria ini adalah seorang Matematikawan Inggris pemenangan penghargaan yang terkenal karena membuktikan Teorema Terakhir Fermat pada tahun 1995. Yang menurut The Guinness Book of World Records adalah salah satu “soal matematika paling sulit” di dunia.

 

7. Grigori Perelman (IQ: Tidak diketahui)

Kontribusi penting yang pertama diberikan Grigori adalah dalam hal matematika, ia mendapatkan Fields Medal yang merupakan Nobel dalam matematika. Namun ia memilih untuk menolah penghargaan tersebut sekaligus meninggalkan bidang matematika yang bisa membuatnya terkenal. Ia merilis pernyataan tentang ketidaktertarikannya pada uang dan ketenaran.

 

 

8. John Sununu (IQ:180)  

 

Seorang anggota dari Mega Society, sebuah masyarakat dengan IQ yang sangat tinggi telah menghabiskan bertahun-tahun waktunya sebagai dekan untuk Universitas Tufts yang berbasis di MAssachusetts. Ia juga pernah menjadi Gubernur New Hampshire dan kemudian pindah ke Gedung Putih sebagai Kepala Staf. Sayangnya dia harus mundur karena dugaan penyalahgunaan kekuasaan.

 

9. Ruth Lawrence (IQ: Tidak diketahui)

Seorang mantan anak ajaib ini adalah ahli matematika Inggris yang menjadi headline pada tahun 1985. Setelah memperoleh gelar sarjana dari Universitas Oxford pada usia 13 tahun. Kini ia adalah seorang profesor di Institut Matematikan Einstein Universitas Ibrani Yarusalem, mengajar topologi aljabar dan teori simpul.

 

10. Magnus Carlsen (IQ: 190)

Carlsen merupakan pemain termuda yang pernah menduduki peringkat satu catur dunia. Ia dilatih secara pribadi oleh ikon catur Garry Kasparov hingga tahun 2010. Ia sudah memenangkan 7 penghargaan Oscar catur yang dianggap sebagai jenius yang hanya akan menjadi lebih baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading