Sukses

Lifestyle

5 Aktivitas Nyaman untuk Tenangkan Diri saat Sedang Banyak Pikiran

Fimela.com, Jakarta Saat sedang banyak pikiran, sulit bagi kita untuk berpikir jernih. Ini karena pikiran kita sedang tidak jernih. Untuk bisa kembali tenangkan diri saat sedang ada banyak pikiran, ada sejumlah hal yang bisa kita lakukan.

Berikut ini lima aktivitas sederhana yang bisa bantu tenangkan dirimu saat sedang ada banyak pikiran. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Jalan Kaki Menghirup Udara Segar

Melansir laman Lifehack.org, ada istilah "forest bathing" yang mengacu pada aktivitas jalan kaki di alam terbuka. Aktivitas jalan kaki ini bisa membantu kita terhubung dengan lingkungan sekitar kita sekaligus kembali terhubung dengan diri sendiri. Saat butuh ketenangan diri, cobalah luangkan waktu sejenak untuk jalan kaki menghirup udara segar. Terhubung dengan alam bisa bantu menguraikan kepenatan dan kerumitan pikiran.

 

 

2. Tersenyum selama Beberapa Detik

Tarik napas perlahan lalu cobalah untuk tersenyum selama beberapa detik. Mengutip buku Happiness Inside, gerakan tersenyum bisa membuat kelenjar pineal dalam otak mengeluarkan hormon endorfin, yaitu zat sejenis morfin alami yang kekuatannya 200 kali dari morfin buatan. Endorfin ini membuat perasaan menjadi senang dan bahagia. Tak harus menunggu sesuatu yang istimewa untuk terjadi, cukup hadirkan senyuman di wajah dengan sengaja maka ketenangan bisa hadir dengan sendirinya.

 

 

3. Bernapas Perlahan

Lakukan latihan pernapasan yang bernama box breathing dengan rasio 1:1. Rasio ini mengacu pada  panjang tarikan napas yang sama dengan panjang embusan panas. Cara ini akan membantu kita mendapat lebih banyak oksigen dan menenangkan pikiran lebih baik lagi. Saat sedang banyak pikiran, cobalah untuk bernapas dengan lebih sadar dan perlahan agar lebih tenang.

 

 

4. Memperhatikan Pemandangan Sekitar

Cobalah untuk memperhatikan hal-hal atau pemandangan yang ada di sekitar. Mengalihkan fokus untuk memperhatikan sekitar kita akan bantu tenangkan diri. Mengutip buku How to Love, jika kita merasa gentar karena merasa tidak punya tempat untuk menghilangkan kecemasan, cobalah untuk memandangi sesuatu lamat-lamat. Misalnya, menatap awan di langit cerah atau melamun di balik jendela saat naik kendaraan umum untuk kembali  hadirkan perasaan yang lebih tenang.

 

 

5. Menulis Bebas

Cobalah untuk menulis bebas. Melansir intermountainhealthcare.org, kegiatan menulis jurnal adalah media mengelola stres yang baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menulis ekspresif seperti menulis jurnal selama 15-20 menit per hari tiga hingga lima kali seminggu selama periode empat bulan bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi lever. Stres bisa berkurang saat kita menuangkan semua isi hati dan perasaan ke dalam tulisan.

Itu tadi lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk  bantu tenangkan diri saat sedang ada banyak pikiran. Semoga tips-tipsnya bermanfaat, ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading