Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Mengagumkan Rutin Baca Al-Quran Selama Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Bagi umat muslim, membaca Al-Quran merupakan salah satu ibadah yang penting dilakukan. Mambaca Al-Quran bisa memberikan banyak manfaat. Ini juga bisa memberikan pahala yang berlipat ganda, menenangkan pikiran dan meningkatkan keimanan. 

Rasulullah SAW. bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-quran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).

Ibu Hamil Dianjurkan Membaca Al-Quran

Manfaat dari membaca Al-Quran bahkan akan lebih terasa bagi Mom yang sedang hamil. Ketika hamil, perempuan dan suaminya disarankan untuk lebih banyak berdoa dan berdzikir kepada Allah SWT. Hal ini untuk mendapatkan perlindungan dan terkabulnya setiap harapan yang diinginkan dari janin di kandungan. 

Perempuan yang sedang hamil juga dianjurkan untuk membaca bacaan Al-Qur'an di sepanjang kehamilan. Harapannya, ini  bisa membekali anak dengan doa-doa terbaik dari Al-Qur'an sejak dirinya masih dalam kandungan.

Dalam sebuah hadis disebutkan:

"Sesungguhnya setiap kamu dibentuk di perut ibumu selama 40 hari, kemudian berbentuk 'alaqah kemudian menjadi mudhghah, kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh dan menetapkan 4 masalah," (HR Bukhari, Ibnu Majah dan Tirmidzi).

Manfaat Membaca Al-Quran Selama Kehamilan

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan orangtua ketika mereka rutin membaca Al-Quran selama kehamilan. Adapun manfaat tersebut antara lain sebagai berikut: 

1. Janin Lebih Tenang

Manfaat pertama adalah, janin di dalam kandungan lebih tenang. Janin juga memiliki hati yang lebih sabar, penuh pengertian serta bijaksana di masa depan kelak. Membaca Al-Quran tak hanya bantu menenangkan hati janin, ini juga bisa bikin Mom lebih tenang serta bahagia. 

 “Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah (dzikrullah) maka hati akan menjadi tenang."(Q.S Ar Ro'd:28).

2. Meningkatkan Kecerdasan Janin

Studi menemukan jika aktivitas membaca selama kehamilan, bisa meningkatkan kecerdasan janin. Mom yang juga rajin membaca Al-Quran, juga akan mendapatkan anak yang lebih cerdas. Lantunan ayat Alquran bisa meningkatnya kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional anak. Ini juga mampu meningkatkan kecerdasan spiritualnya. 

3. Membentuk Karakter yang Baik

Membaca Al-Quran membantu membentuk karakter anak yang baik. Mom yang rajin dan rutin membaca Al-Quran selama kehamilannya, bisa membentuk karakter anak yang tenang, ramah dan baik dari segala hal. Anak juga lebih bisa mengendalikan emosi saat ia dewasa kelak. 

4. Mencegah Berbagai Penyakit

Ibu hamil yang rajin membaca Al-Quran, bisa mendapat perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT. Termasuk perlindungan dan pertolongan demi dapatkan proses persalinan yang lancar. Membaca Al-Quran juga mencegah berbagai penyakit baik penyakit fisik, psikis dan penyakit hati. 

5. Mengurangi Rasa Takut dan Cemas

Membaca Al-Quran juga bisa mengurangi rasa takut serta cemas dalam diri. Mom yang rutin membaca Al-Quran selama kehamilan, akan lebih siap dalam menghadapi proses persalinan. Ini juga meredakan ketegangan otot pun saraf pada otak sehingga memperkuat semangat, keimanan pun ketaqwaan ibu hamil. 

Yuk Mom, lebih rajin lagi dalam membaca Al-Quran. Pastikan juga untuk memaknai isi yang terkandung di dalam Al-Quran. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading