Sukses

Lifestyle

4 Tips Mengontrol Pola Makan saat Lebaran untuk Menjaga Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Akhir Ramadan, bulan suci yang penuh berkah adalah berpuncak pada perayaan Hari Raya Idul Fitri. Sebelum kamu memulai pesta dan perayaan, tarik napas dalam-dalam dan ingat tentang kesehatan dan kebugaran.

Mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dan berat sekaligus dapat menyebabkan masalah pencernaan. Konsumsi makanan ringan dan sering, ini akan memudahkanmu untuk mencerna makanan dan juga merangsang metabolisme dalam tubuh.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantumu untuk menjaga kesehatan selama Idul Fitri agar tetap sehat dan bugar. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pilih Makanan yang Dimasak dengan Metode Sehat

Makanan yang digoreng mungkin menarik selera, tetapi tidak banyak membuat tubuh lebih sehat. Gantilah dengan makanan yang telah dipanggang, dikukus, atau lainnya.

2. Pastikan Mengonsumsi Makanan Rendah Garam

Studi menunjukkan bahwa kelebihan garam tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hindari mengonsumsi makanan mengandung banyak garam, sebagai gantinya, gunakan bumbu dan rempah-rempah seperti kemangi, peterseli, timi, rosemary, bubuk ketumbar, lada, cabai, dan jus lemon. Berhentilah menggunakan susu kental manis dalam jumlah banyak dan berhati-hatilah dengan gula saat membuat makanan manis.

3. Jangan Berlebihan Makana Daging

Perayaan Idul Fitri identik dengan makanan non-vegetarian. Daging sulit dicerna dan mengandung banyak kalori. Coba dan pilih potongan daging yang lebih tipis dan hindari mengonsumsi terlalu banyak daging.

4. Konsumsi Buah dan Sayuran

Salad sayur atau buah bisa menjadi pilihan untuk makanan makanan enak, elzat dan menyehatkan. Sahabat Fimela juga bisa mencampurkan sayuran dan buah-buahan sebagai salad. Kamu juga bisa menambahkan yogurt, susu dan juga keju agar salad jauh lebih nikmat.

Nah, sudahkah Sahabat Fimela memiliki rencana makan makanan sehat apa hari ini? Tetap perhatikan makanan yang kamu makan hari ini, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading