Sukses

Lifestyle

5 Sikap Ini Membuat Mentalmu Makin Kuat saat Makin Dewasa

Fimela.com, Jakarta "Courage is the most important of all the virtues, because without courage you can't practise any other virtue consistently. You can practise any virtue erratically, but nothing consistently without courage." (Maya Angelou) Berdasarkan kutipan ini, ada sudut pandang menarik yang bisa kita dapatkan soal keberanian. Keberanian merupakan hal yang paling penting dari semua kebajikan, sebab tanpanya kita tak bisa mempraktikkan kebajikan lainnya secara konsisten. Dengan kata lain, keberanian menjadi salah satu modal penting untuk menjadi pribadi yang lebih kuat.

Makin dewasa, hidup mungkin akan terasa makin berat untuk dijalani. Meskipun begitu, kita masih bisa mengupayakan sejumlah hal terbaik untuk menempa mental kita jadi lebih kuat lagi. Kita bisa mengoptimalkan sejumlah sikap positif dan lebih berani untuk menjadi perempuan yang lebih gigih dan tangguh lagi.

 

 

1. Sikap Menerima Kenyataan Hidup

Kenyataan hidup tak selalu menyenangkan. Ada yang pahit dan getir juga. Saat kita bisa menyikapinya dengan lebih ikhlas menerima realitas yang tak bisa diubah, kita bisa menjadi pribadi yang lebih kuat. Bahkan di tiap keadaan sulit yang kita hadapi, kita bisa menemukan kekuatan-kekuatan baru yang membuat kita mampu bertahan. Mengutip buku Semua Orang Butuh Curhat, "Serangkaian kajian yang dilakukan oleh peneliti Daniel Gilbert di Harvard telah menemukan bahwa dalam merespons peristiwa hidup yang menantang, mulai dari yang menghancurkan (menjadi cacat, kehilangan orang terkasih) sampai yang sulit (perceraian, penyakit)—ternyata orang lebih kuat daripada yang mereka duga." Ya, bisa jadi selama ini sebenarnya kamu sudah menjadi perempuan kuat, bahkan lebih kuat dari yang kamu duga.

 

 

2. Sikap Berani Mengusahakan Segala Sesuatu Sebaik Mungkin

Kamu memang bukan pribadi yang sempurna. Ada kekurangan dan kelemahan yang kamu punya di dalam dirimu. Namun, selama itu tak menghambatmu untuk tetap berani mengusahakan segala sesuatunya sebaik mungkin, maka kamu bisa menjadi pribadi yang makin kuat seiring dengan bertambahnya usiamu. Keberanianmu untuk bisa mengupayakan segala sesuatu yang masih berada di dalam kendali dirimu dengan sebaik mungkin menjadi kualitas diri yang membuatmu jadi pribadi yang tangguh.

 

 

3. Sikap Bertanggung Jawab atas Setiap Pilihan Hidup

Banyak pilihan yang terbentang di depan matamu. Kamu pun bebas mengambil dan memilih pilihan yang ada. Di sini, kedewasaanmu juga akan teruji. Saat kamu bisa lebih bertanggung jawab atas setiap pilihan hidup yang kamu ambil, kamu bisa memiliki mental yang lebih kuat. Sebab makin bertambah kemampuanmu dalam mempertanggung jawabkan sesuatu, makin kuat ketangguhan hati yang kamu miliki.

 

 

4. Sikap Berani Melangkah ke Depan

Saat gagal, kamu berani untuk bangkit. Saat mengalami penolakan, kamu masih mau menjaga harapan baik untuk mencoba lagi. Saat ada kejadian di masa lalu yang sempat membuatmu terpuruk, kamu masih mau mengambil hikmah yang ada dan melangkah lagi. Sikapmu yang berani untuk terus melangkah ke depan bisa menempa mentalmu jadi lebih kuat lagi. Sebab kamu meyakini ada hal baik yang masih akan terus bisa diraih selama mau mencoba dan terus melangkah.

 

 

5. Sikap Mau Beradaptasi dengan Perubahan

Kemampuan beradaptasi menghadapi perubahan demi perubahan hidup bisa membantumu kuat bertahan melewati masa-masa sulit. Sikapmu yang bisa fleksibel dalam hadapi kenyataan dan dinamika kehidupan bisa membantumu bisa menjadi pribadi yang lebih tangguh. Bukan berarti kamu membiarkan dirimu terbawa arus yang membuat kualitas hidupmu sendiri menurun, melainkan kamu tahu cara memposisikan diri dengan baik di segala situasi sembari terus berupaya menjadi pribadi yang terus tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik.

Walau menjadi dewasa itu kadang menyakitkan, tetapi hidup akan terasa lebih bermakna saat kita bisa mengedepankan sikap-sikap yang lebih positif dan berani. Semoga kita pun bisa menjadi perempuan dewasa seperti yang kita impikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading