Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Gampang Stres Menjalani Hidup

Fimela.com, Jakarta Stres dan tekanan hidup kadang memang tak bisa dihindari. Ada situasi-situasi yang memaksa kita harus merasakan dan menerima kondisi stres tersebut. Meskipun tidak mudah, tetapi kita bisa mengupayakan beberapa hal agar tidak gampang stres dalam menjalani hidup.

Dengan cara-cara sederhana ini kita bisa berusaha untuk meregulasi emosi dengan lebih baik. Sehingga bisa lebih mudah meredakan stres yang kita rasakan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Bersikap Lebih Fleksibel

Punya fleksibilitas dalam menjaga ekspektasi ini bisa memudahkanmu mengatasi stres yang menghampiri. Kalau ada situasi yang tidak bisa kamu ubah, kamu bisa berusaha untuk menerimanya. Lalu, mengupayakan hal-hal yang masih dalam kendali dirimu. Dengan tak memaksakan diri melakukan hal yang berada di luar kemampuan, kita bisa meredakan stres yang kita rasakan.

 

 

2. Temukan Mekanisme Pertahanan Diri Sendiri

Apakah latihan meditasi bisa membuatmu tenang? Apakah bepergian sejenak bisa bantu jernihkan pikiran? Apa pun aktivitas atau hal yang bisa hadirkan perasaan nyaman, itu bisa menjadi salah satu bentuk mekanisme pertahanan untuk bantu redakan stres. Mengutip buku How to Love, "Manusia mengatasi stres dengan kebiasaan dan pengetahuan masing-masing. Masing-masing individu punya mekanisme pertahanan dirinya sendiri. Mekanisme pertahanan diri adalah kebiasaan yang sudah berlangsung lama dan susah diperbaiki." Saat kamu sudah menemukan mekanisme pertahananmu sendiri, kamu bisa memiliki kesadaran diri yang lebih baik dalam mengatasi hal-hal yang terjadi di luar dugaan.

 

 

3. Berdamai dengan Ketidakpastian Hidup

Hidup memang akan diwarnai dengan ketidakpastian. Namun, tak perlu terlalu memusuhinya. Cobalah untuk menerimanya dan berdamai dengan ketidakpastian hidup yang ada. Menyadari bahwa kita sebagai manusia biasa memiliki keterbatasan, kita perlu meluaskan pandangan bahwa setiap pengalaman yang hadir dalam hidup adalah bagian dari proses pendewasaan diri kita.

 

 

4. Kurangi Obsesi Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Ketika kita sudah bisa lebih fokus dengan mengapresiasi dan mengupayakan hal terbaik dalam hidup kita, maka kita tak akan gampang merasa tertekan. Kita bisa lebih menghargai setiap proses dan usaha terbaik yang kita lakukan dalam hidup. Tak perlu terobsesi membandingkan diri dengan orang lain karena pada dasarnya tiap orang punya perjalanan dan prosesnya sendiri.

 

 

5. Tekuni Sesuatu yang Membuat Hidup Lebih Bermakna

Isi keseharianmu dengan sesuatu yang membuat hidupmu terasa lebih bermakna. Tekuni bidang yang membuat hidupmu terasa lebih berwarna. Kuasai keterampilan atau kecakapan tertentu yang bisa membuat keberadaanmu lebih bermanfaat. Dengan begini, kamu akan merasa lebih nyaman menjalani hidupmu.

Itu tadi lima cara sederhana yang bisa dilakukan agar tidak gampang stres dalam menjalani hidup. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading