Sukses

Lifestyle

Tips Merawat Kulit Kepala dari Permasalahan Ketombe yang Membandel Ala Mahalini

Fimela.com, Jakarta Generasi Z atau juga disebut digital native dikenal sebagai generasi yang tumbuh di era digital yang dapat menggerakkan inovasi, kreativitas, dan ide yang menarik. Namun, dibalik fakta ini, ternyata Gen Z juga cenderung lebih gampang mengalami stress.

Sebagai generasi yang tumbuh di era digital, mereka sangat tergantung pada teknologi dan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Dilansir dari American Psychological Association, teknologi juga dapat menjadi salah satu penyebab Gen Z mengalami stres bahkan mengganggu kesehatan mentalnya.

Ketika mengalami stress, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol yang dapat mempengaruhi keseimbangan kimiawi pada kulit kepala. Dilansir dari Healthline, hormon kortisol dapat meningkatkan produksi minyak di kulit kepala dan memicu pertumbuhan ragi. Hal ini dapat menjadi penyebab iritasi dan kulit kepala menjadi kering sehingga timbulnya ketombe.

Ketombe sendiri juga dapat memperparah stres karena gejala yang tidak sedap dipandang dan dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Itulah mengapa penting untuk merawat kulit kepala dengan baik untuk menghindari ketombe dan juga meminimalkan stres yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit kepala.

Mengetahui dampak dari stress yang dapat memengaruhi penampilan, Mahalini  ingin membagikan tips merawat kulit kepala dari permasalahan ketombe yang mengganggu dalam kampanye “CLEAR Your Head” bersama CLEAR, sampo anti ketombe nomor 1 di Indonesia.

 

 

Pentingnya membersihkan rambut dengan menggunakan sampo anti-ketombe yang tepat

1. Rutin membersihkan rambut

Membersihkan rambut secara rutin merupakan langkah awal dalam merawat kulit kepala. Mahalini merekomendasikan sampo CLEAR Ice Cool Menthol, CLEAR Complete SoftCare, dan yang efektif mengatasi masalah ketombe. 

Dilansir dari Clear Hair Care, CLEAR Ice Cool Menthol sangat cocok bagi yang memiliki kulit kepala mudah berminyak. Sampo ini mengandung mentol dingin & citrus sehingga memberikan kesegaran dingin sepanjang hari serta terbebas dari ketombe, gatal, dan kulit kepala berminyak. 

Selain itu, CLEAR Complete Softcare merupakan sampo penghilang ketombe yang mengandung zerotech dan perlindungan scalp vitamin didalamnya. Sampo ini sangat cocok untuk bantu lawan ketombe lengket, kuman dari polusi, serta membuat rambut terasa lebih lembut.

Untuk mengatasi rambut yang mudah lepek, CLEAR Fresh Cool Lemon menjadi sampo yang tepat untuk memberikan nutrisi bagi kulit kepala. Sampo ini juga mengandung vitamin B3 dan 2x Cleaning Agent yang dapat membuat rambut bebas ketombe dan bebas lepek seharian. Ketiga varian sampo CLEAR tersebut, bisa disesuaikan dengan jenis rambut. 

2. Hindari penggunaan produk styling yang berlebihan

Penggunaan produk styling rambut yang berlebihan, seperti menggunakan gel atau wax, dry shampoo, dan hair spray dapat menyebabkan ketombe. Hal ini dikarenakan produk styling rambut tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit kepala, sehingga membuat kulit kepala menjadi rentan terhadap ketombe. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari penggunaan produk styling yang berlebihan atau meminimalisir penggunaan produk yang terlalu sering

Musik dapat menurunkan stres

3. Kurangi stres dengan mendengarkan musik

Stres menjadi salah satu faktor yang dapat memicu ketombe pada kulit kepala. Tara de Thouars selaku Psikolog Klinis menjelaskan "musik memiliki pengaruh kuat pada kondisi psikologis seseorang sehingga musik bisa jadi stress coping mechanism yang efektif bagi para Gen Z. Menurut data, 60% Gen Z setuju bahwa mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan favorit mereka." kata Tara seperti tertulis dilansir dari Clear Hair Care.

Oleh karena itu, campaign CLEAR Your Head tidak hanya membantu Gen Z atasi permasalahan ketombe tetapi juga mendukung mereka mengatasi stres lewat single “CLEAR Your Head” yang dihadiri oleh musisi yang disukai oleh Gen Z yaitu Mahalini dan Laleilmanino.

Mahalini juga mengakui bahwa ia sering kali mengalami stres karena overthinking. Agar tidak sering overthinking, Mahalini merekomendasikan Gen Z untuk selalu mendengarkan musik. Sebab, musik sangat efektif untuk menaikkan mood dan membuat diri kembali ceria.

Demikian tips merawat kulit kepala dari permasalahan ketombe ala Mahalini. Yuliana Safriani selaku Senior Brand Manager CLEAR, Unilever Indonesia juga menjelaskan bahwa CLEAR percaya Gen Z punya banyak potensi dan berperan besar sebagai agent of change, tetapi sayangnya 59,1% dari Gen Z mengaku punya masalah mental health.

Oleh karena itu, CLEAR dukung Gen Z menjadi lebih tangguh dan pede melalui campaign "CLEAR Your Head". Selain itu, CLEAR juga ingin isu mental health seperti stres tidak menghalangi mimpi dan aksi Gen Z untuk membawa perubahan yang lebih baik.

“Semoga kampanye ini bisa bantu sebanyak mungkin Gen-Z untuk terbebas dari masalah stres dan ketombe, sehingga bisa fokus melakukan yang terbaik buat diri sendiri. Let’s CLEAR yourhead, sikat habis stress dan ketombemu, #NoKetombeAutoPede,’” seru Yuliana.

 

*Penulis: Amelia Septika

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading