Sukses

Lifestyle

Bacaan Doa Sebelum Tidur yang Penting Diajarkan ke Anak-Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap umat muslim, dianjurkan untuk membaca doa setiap kali hendak beraktivitas. Termasuk ketika hendak tidur. Membaca doa sebelum beraktivitas dilakukan agar mendapat pahala atau keberkahan dari Allah SWT. Berdoa juga dimaksudkan agar seseorang dilindungi oleh Allah dalam setiap menjalankan aktivitas. Tak terkecuali saat membaca doa sebelum tidur. 

Membaca doa sebelum tidur adalah hal yang penting dilakukan. Sebaiknya, kebiasaan membaca doa ini juga diajarkan ke anak-anak. 

Doa Sebelum Tidur

Berikut adalah bacaan doa sebelum tidur lengkap dengan artinya. Membaca doa sebelum tidur akan melindungimu dari mimpi buruk dan hal-hal yang berbahaya. 

بِاسْمِكَ اللهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ

Bacaan: "Bismika Allahumma Ahya wa Amuut”

Arinya: "Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan"

Amalan Sunah Sebelum Tidur

Selain membaca doa sebelum tidur, umat muslim juga dianjurkan untuk mengamalkan beberapa sunah Rasulullah Muhammad SAW. Adapun amalan sunah tersebut antara lain sebagai berikut: 

1. Berwudhu

Amalan sunah yang pertama yakni berwudhu. Rasulullah SAW bersabda “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat." (HR Al-Bukhari No 247 dan Muslim No 2710).

2. Memberikan dan Merapikan Tempat Tidur

Amalan sunah selanjutnya yakni membersihkan dan merapikan tempat tidur. Selain mendatangkan pahala, hal ini juga membantumu dapatkan tidur yang lebih nyenyak. Tidur di tempat tidur yang bersih dan rapi, akan mencegah serangga atau benda-benda berbahaya lain mengenai kita selama tidur. 

3. Membaca Ayat Kursi

Sebaiknya, baca juga ayat kursi setiap kali hendak tidur. Allah dan malaikat akan menjagamu di sepanjang tidurmu saat kamu membaca ayat kursi sebelum tidur. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi”. (HR. Bukhari).

4. Baca Tiga Surat Pendek

Surat pendek yang hendaknya dibaca sebelum tidur adalah An-Nas, Al-Falad dan Al-Ikhlas. 

Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha berkata; "Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan 'Qul huwallahu ahad' (surat Al Ikhlash), 'Qul a'udzu birobbil falaq' (surat Al Falaq) dan 'Qul a’udzu birobbin naas' (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali." (HR Bukhari no 5017)

5. Membaca Doa Sebelum Tidur

Sebelum menutup mata, bacalah doa sebelum tidur, seperti yang tertulis di atas.

Itulah bacaan doa sebelum tidur dan amalan sunah yang sebaiknya dilakukan sebelum tidur. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk Sahabat Fimela, biasakan untuk selalu membaca doa setiap kali hendak beraktivitas. Selain agar dapat pahala yang berkah, ini juga membantu kita selalu ingat akan Allah SWT. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading