Sukses

Lifestyle

Apa Penyebab Laptop Mati Sendiri? Simak Penjelasannya di Sini

Fimela.com, Jakarta Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang cukup umum digunakan oleh kebanyakan orang. Sebagian besar orang saat ini pasti sudah mengenal bahkan menggunakan laptop dalam aktivitas sehari-hari. Keberadaan laptop saat ini sudah seperti smartphone atau ponsel yang dianggap sebagai kebutuhan primer, bukan lagi sarana hiburan saja. Hal tersebut dikarenakan laptop sangat berguna untuk membantu manusia dalam melakukan berbagai hal seperti salah satunya bekerja.

Namun karena merupakan buatan manusia, maka wajar jika masih ada beberapa permasalahan ketika menggunakannya. Salah satunya adalah laptop tiba-tiba mati.

Lalu jika laptop mati bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengetahui cara mengatasinya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab laptop mati. Apa penyebab laptop mati sendiri? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Terlalu Panas

Pernahkah laptopmu tiba-tiba mati sendiri ketika sedang digunakan? Coba rasakan suhunya. Bisa jadi penyebab dari laptopmu yang tiba-tiba mati adalah karena suhunya yang terlalu panas.

Laptop yang terlalu panas biasanya karena digunakan terlalu lama. Bisa juga karena digunakan untuk membuka aplikasi yang terlalu banyak.

2. Kegagalan Hardware yang Baru Ditambahkan

Alasan yang paling umum lainnya adalah kegagalan komponen perangkat keras, jika kamu baru saja menambahkan perangkat keras baru maka ada baiknya untuk menghapus dan melihat apakah masalah satu ini sudah hilang atau belum.

3. Driver yang Tidak Kompatibel

Mungkin saja laptopmu mati tiba-tiba bukan disebabkan karena hardwarenya. Bisa juga karena drivernya yang bermasalah. Driver hardware yang tidak kompatibel juga bisa membuat laptop mati tiba-tiba.

4. Virus

Bisa juga laptopmu mati karena ada virus di dalamnya. Namun laptop yang mati karena virus biasanya tidak berlangsung lama. Biasanya laptop akan mati sebentar kemudian akan menyala kembali beberapa saat kemudian.

5. Charger Rusak

Kalau kamu sedang menggunakan laptop dan sedang dicharge lalu tiba-tiba mati, bisa jadi penyebab laptopmu mati ketika itu adalah karena chargernya. Menggunakan adaptor dengan ketegangan yang rendah atau arus yang tinggi ternyata dapat menyebabkan perangkat tidak berfungsi dengan baik atau mati dengan sendirinya.

Selain kelima hal di atas, bisa juga karena baterai laptopmu bermasalah, misalnya karena baterai bocor. Kalau baterai laptopmu bocor, baru sebentar digunakan biasanya laptop akan mati dengan sendirinya jadi perlu dicharge ketika digunakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading