Sukses

Lifestyle

5 Cara Sederhana untuk Tenangkan Pikiran yang Terasa Kacau

Fimela.com, Jakarta Saat sedang banyak pikiran, kita akan rentan stres. Berbagai macam tekanan dan tuntutan yang kita dapatkan dalam keseharian pun bisa membuat pikiran yang terasa kacau. Kalau pikiran tidak tenang, menjalani rutinitas atau keseharian pun bisa terasa lebih berat.

Sebelum makin panik, coba luangkan waktu sejenak untuk fokus tenangkan pikiran. Ada sejumlah cara sederhana yang bisa dicoba untuk pikiranmu yang kacau bisa terurai. Suasana hati yang lebih baik pun bisa didapatkan dengan cara ini.

 

 

1. Latihan Pernapasan 4-7-8

Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Salah satu cara untuk menenangkan pikiran yang sedang ramai adalah menenangkan tubuh yang sedang stres. Dengan membuat tubuh rileks, denyut jantung melambat dan pikiran kita juga cenderung akan lebih longgar." Kita bisa melakukan latihan pernapasan 4-7-8 untuk tenangkan pikiran. Caranya mulailah dengan mengembuskan udara sampai habis. Lalu, tarik napas tanpa bersuara melalui hidung hingga maksimal 4 detik. Tahan napas selama 7 detik. Setelah itu, embuskan napas dengan tekanan sambil mengerucutkan bibir dan bersuara "fuuuh" dalam 8 detik. Ulangi 4 kali.

 

 

2. Menuangkan Isi Pikiran dalam Tulisan

Saat pikiran terasa kacau, biasanya otak terasa sulit untuk berpikir jernih. Segalanya terasa sesak di kepala. Untuk bisa menguraikan kekacauan yang ada bisa coba menuangkan isi pikiran dalam tulisan. Tuangkan semua hal yang kamu rasakan dalam tulisan. Biasanya setelah semua perasaan bisa dituangkan dalam tulisan, perasaan akan membaik dengan sendirinya.

 

 

3. Memandangi Sesuatu Lamat-Lamat

Kamu bisa coba memandang langit. Bisa memandang pemandangan yang ada di balik jendela. Bisa juga memperhatikan orang-orang yang berlalu lalang di depanmu. Meluangkan waktu untuk memandangi sesuatu lamat-lamat bisa bantu rilekskan diri. Mengutip buku How to Love, jika kita merasa gentar karena merasa tidak punya tempat untuk menghilangkan kecemasan, cobalah untuk memandangi sesuatu lamat-lamat. Saat masih belum bisa menemukan solusi atau jalan keluar dari persoalan yang ada, menenangkan diri bisa bantu hadirkan kenyamanan tersendiri.

 

 

4. Berjalan Kaki di Alam Terbuka

Aktivitas jalan kaki ini bisa membantu kita terhubung dengan lingkungan sekitar kita sekaligus kembali terhubung dengan diri sendiri. Saat pikiran terasa kacau dan rumit, cobalah luangkan waktu untuk berjalan-jalan sejenak. Aktivitas jalan kaki di alam terbuka bisa membuat pikiran kembali terasa segar.

 

 

5. Gerakkan Tubuh untuk Melemaskan Otot-Otot yang Kaku

Saat pikiran sedang kacau biasanya tubuh akan terasa kaku. Di sini, kamu bisa coba untuk menggerakkan tubuh. Melakukan peregangan otot pun bisa kamu lakukan untuk bantu rilekskan tubuh. Melansir laman Helpguide.org, kalau kamu cenderung menyendiri saat stres atau mengalami trauma, aktivitas pereda stres yang membuatmu menggerakkan tubuh bisa sangat membantu. Jadi, ketika ingin pikiran bisa sedikit membaik gerakkan tubuhmu.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk bantu jernihkan pikiran dan redakan stres. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading