Sukses

Lifestyle

Tips Mempersiapkan Dana Pensiun untuk Kehidupan setelah Pensiun yang Sejahtera

Fimela.com, Jakarta Mempersiapkan dana pensiun merupakan langkah penting yang harus dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan finansialnya di masa pensiun kelak. Namun, dalam menyiapkan dana pensiun bukanlah sekedar nabung biasa. Tetapi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan bahwa dana pensiun yang disiapkan dapat memenuhi kebutuhan finansial di masa pensiun.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mempersiapkan dana pensiun yang perlu diperhatikan:

1. Mulailah menyisihkan uang dari gaji setiap bulannya

Dilansir dari Forbes, langkah pertama untuk mempersiapkan dana pensiun adalah dengan mulai menyisihkan sebagian uang dari gaji setiap bulannya. Setidaknya, kamu harus menyisihkan 10% hingga 20% dari gaji kamu setiap bulannya untuk menabung dana pensiun. Jika kamu mulai menabung di usia muda, maka kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengumpulkan dana pensiun sebanyak-banyaknya.

2. Lakukan investasi jangka panjang

Dalam mempersiapkan dana pensiun, kamu juga perlu melakukan investasi jangka panjang. Investasi ini bertujuan untuk meningkatkan nilai aset dan memperoleh keuntungan pada masa depan.

Hindari pengeluaran yang tidak perlu agar dana pensiun yang dikumpulkan tidak terganggu

Untuk melakukan investasi jangka panjang, kamu bisa mencoba instrumen investasi yang menguntungkan seperti reksa dana, saham, atau obligasi. Namun, sebelum melakukan investasi penting untuk memahami profil risiko dan tujuan keuangan jangka panjang agar kamu dapat memiliki investasi yang sesuai dan mengelola portofolio investasi dengan lebih efektif.  Dengan melakukan investasi jangka panjang, kamu dapat mempersiapkan dana pensiun lebih matang dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada hanya menyimpan uang di bank.

3. Hindari mengeluarkan dana pensiun sebelum waktunya

Dilansir dari The Balance, dalam mempersiapkan dana pensiun, hindari godaan untuk mengambil uang dari dana pensiun sebelum waktunya atau menggunakannya untuk keperluan yang tidak penting. Banyak sekali orang yang tidak dapat menahan godaan dari belanja yang mengakibatkan mereka implusif sehingga menggunakan dana pensiun untuk membayar hutang kartu kredit atau membeli barang yang tidak diperlukan. Hal ini dapat mengurangi dana pensiun yang tersedia serta dapat berdampak negatif pada keadaan finansial di masa depan. 

Pentingnya menerapkan disiplin dan konsistensi dalam menjalankan rencana dana pensiun

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menempatkan dana pensiun ke dalam rekening atau investasi yang sulit diakses sehingga terhindar dari keinginan untuk mengeluarkannya sebelum waktunya. Pastikan bahwa dana pensiun yang kamu rencanakan hanya digunakan untuk keperluan yang penting, serta tetap disiplin dan konsistensi dalam menjalankan rencana dana pensiun.

4. Perbarui rencana pensiun secara berkala

Kondisi keuangan bisa sewaktu-waktu berubah karena beberapa kondisi seperti perubahan pendapatan, pengeluaran, investasi, atau kondisi pasar keuangan. Oleh karena itu, penting untuk memperbarui rencana pensiun secara berkala untuk memastikan bahwa kamu tetap di jalur yang tepat untuk mencapai keberhasilan mengumpulkan dana pensiun yang ditargetkan. Dalam memperbarui rencana pensiun, kamu juga bisa mempertimbangkan beberapa faktor seperti target pensiun, biaya hidup selama pensiun, dan aset yang ingin dikumpulkan untuk menunjang kehidupan pensiun nanti.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading