Sukses

Lifestyle

Penyebab Rambut Rontok yang Dialami Oleh Ibu Menyusui

Fimela.com, Jakarta Kehamilan tentunya jadi kabar yang menggembirakan bagi pasangan yang telah lama menunggu buah hati. Karena telah dinantikan dalam waktu yang lama, oleh karena itu kesehatan ibu hamil serta janin yang dikandungnya perlu dijaga dengan baik.

Ibu hamil cenderung rentan terkena berbagai permasalahan kesehatan, seperti kurang darah atau anemia, atau bisa juga tensi tinggi atau tekanan darah tinggi. Kondisi tersebut terjadi bukan tanpa penyebab. Kekurangan asupan nutrisi bisa jadi salah satu penyebab ibu hamil mengalami berbagai permasalahan ketika hamil.

Namun tidak hanya ketika hamil saja, setelah melahirkan atau ketika menyusui juga rawan terkena berbagai masalah kesehatan. Salah satunya yaitu rambut rontok. Mungkin ada banyak Mom yang mengalami masalah ini. Sebenarnya apa penyebab rambut rontok yang dialami ibu hamil? Yuk simak penjelasan serta cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Rambut Rontok Pada Ibu Hamil

Saat hamil, Mom akan merasakan perubahan pada fisik Mom. Baik itu secara bentuk maupun ukuran. Namun tidak hanya bentuk dan ukuran tubuh saja, hormon di dalam tubuh pun mengalami perubahan. Ada beberapa hormon yang mengalami peningkatan seperti hormon estrogen, progesteron dan oksitosin.

Tidak hanya itu saja, volume darah dan sirkulasi dalam tubuh juga akan ikut meningkat ketika Mom hamil. Perubahan hormon, volume serta sirkulasi darah ini membuat rambutmu jadi lebih tebal dan kuat.

Setelah melahirkan, hormon progesteron dan estrogen mengalami penurunan. Begitu juga dengan volume darah yang menurun secara bertahap. Akibatnya, rambut Mom jadi lebih mudah rontok setelah melahirkan. Kerontokan ini dalam dunia medis dinamakan postpartum hair loss.

Namun Mom jangan terlalu khawatir ya. Kerontokan setelah melahirkan ini merupakan hal yang wajar kok. Kebanyakan ibu menyusui juga mengalami hal ini setelah mereka melahirkan.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

1. Ganti Sampo dan Kondisioner

Kalau rambut Mom jadi terlihat lebih tipis karena kerontokan, Mom bisa coba atasi dengan mengganti sampo dan kondisioner yang Mom gunakan. Cobalah gunakan sampo dan kondisioner yang punya klaim memberikan volume pada rambut agar rambut kembali terlihat tebal. Pastikan sampo dan kondisioner yang Mom gunakan juga bisa mengatasi kerontokan.

2. Penuhi Nutrisi

Pastikan Mom juga memenuhi nutrisi yang Mom butuhkan. Beberapa sayuran perlu rajin Mom konsumsi untuk menumbuhkan kembali rambut yang rontok, seperti sayuran hijau. Selain itu, Mom juga tidak boleh melewatkan konsumsi buah-buahan. Memenuhi kebutuhan nutrisi tidak hanya baik untuk mengembalikan rambut yang rontok namun juga memenuhi kebutuhan buah hati Mom.

3. Minum Vitamin

Mom juga bisa tambahkan konsumsi vitamin untuk mengatasi kerontokan. Ada beberapa vitamin prenatal atau vitamin yang wajib dikonsumsi setelah melahirkan dan saat menyusui.

Itulah penyebab rambut rontok pada ibu menyusui serta cara mengatasinya. Selain cara-cara di atas, pastikan Mom juga merawat rambut Mom dengan baik, seperti jangan menyisir dengan kasar dan hindari mengeringkan rambut dengan menggosokkan handuk pada rambut. Mom juga tidak perlu terlalu khawatir karena kerontokan rambut ini sebenarnya merupakan hal yang wajar dan mungkin akan Mom alami sampai buah hati berusia kira-kira satu tahun.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading