Sukses

Lifestyle

5 Tips Bijak untuk Pasangan Muda dalam Membuat Keputusan Membeli Rumah

Fimela.com, Jakarta Membeli rumah merupakan salah satu keputusan terbesar dalam kehidupan awal pernikahan bagi pasangan muda. Dengan memiliki rumah, pasangan muda dapat memiliki tempat yang aman dan nyaman untuk tinggal, serta dapat membangun kehidupan bersama secara lebih mandiri.

Akan tetapi, dalam membeli rumah tentunya membutuhkan pertimbangan yang besar agar tidak menyesal. Sebab, membeli rumah bukanlah sesuatu yang bisa diulang dengan mudah.

Selain itu, membeli rumah juga akan membutuhkan investasi yang besar, baik dalam hal waktu maupun finansial. Dalam hal ini pasangan muda tidak boleh sampai salah membeli rumah dan memastikan bahwa rumah tersebut dapat menampung seluruh kebutuhan dan kehidupan rumah tangga kedepannya. 

Berikut ini adalah beberapa tips bijak untuk pasangan muda yang ingin membeli rumah.

1. Persiapkan anggaran untuk membeli rumah

Dilansir dari Forbes, mempersiapkan anggaran merupakan langkah penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah. Dengan mempersiapkan anggaran dapat membantu kamu memperkirakan jumlah uang yang dapat  dikeluarkan untuk membayar cicilan setiap bulan. Dalam hal ini, pastikan untuk menentukan anggaran dengan realistis dan tidak memaksakan diri untuk membayar cicilan yang terlalu besar. Selain itu, jangan lupa untuk menghitung semua biaya yang terkait dengan pembelian rumah, termasuk uang muka, cicilan, biaya administrasi, dan biaya notaris.

Setelah menghitung anggaran, kamu dan pasangan dapat mencari rumah yang sesuai dengan anggaran tersebut. Perlu diingat bahwa dalam mencari rumah jangan sampai tergoda untuk membeli rumah yang terlalu besar atau terlalu mahal, karena hal ini akan memberatkan keuangan kamu dan pasangan di masa depan. Pastikan juga bahwa cicilan yang harus dipilih tidak melebihi 30% dari penghasilan bulanan.

 

Pentingnya membeli rumah di lokasi yang tepat

2. Pilih rumah dengan lokasi yang tepat

Dilansir dari The Balance, pemilihan lokasi yang tepat adalah hal penting dalam membeli rumah, terutama bagi pasangan muda yang ingin memulai kehidupan baru. Hal ini dikarenakan lokasi rumah dapat memengaruhi kenyamanan dan kemudahan dalam beraktivitas.

Dalam hal ini, pertimbangan pertama yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi rumah adalah jarak dengan tempat kerja. Pasangan muda yang masih aktif bekerja perlu memilih lokasi rumah yang mudah diakses dengan transportasi umum atau tidak terlalu jauh dari tempat kerja. Hal ini bertujuan agar lebih menghemat waktu dan energi, serta mengurangi biaya transportasi.

Selain itu, pasangan muda juga perlu mempertimbangkan akses sarana publik seperti pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya. Hal ini penting agar pasangan muda dapat hidup dengan nyaman dan memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mudah.

Faktor lokasi pun juga berpengaruh terhadap investasi jangka panjang, dimana sebuah lokasi yang sedang berkembang dapat memberikan potensi investasi yang lebih besar di masa depan. Namun, pastikan bahwa harga properti di lokasi tersebut masih terjangkau dan sesuai dengan anggaran pasangan muda.

3. Pilih ukuran rumah

Dalam membeli rumah, penting untuk mempertimbangkan ukuran rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Jika pasangan muda berencana untuk memulai keluarga di masa depan, maka mereka harus mempertimbangkan jumlah kamar yang ada di rumah tersebut. Selain itu, pastikan pula bahwa ruang tamu dan ruang keluarga cukup besar untuk kebutuhan mereka. Namun, saat memilih ukuran rumah, pasangan juga harus menyesuaikan dengan anggaran. Sebab, memilih rumah yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat mempengaruhi kestabilan keuangan di masa depan. 

Hindari terburu-buru dalam membeli rumah!

4. Perhatikan kondisi bangunan

Sebelum membeli rumah, penting untuk memeriksa kondisi bangunan rumah dengan teliti. Hal ini bertujuan agar rumah yang akan ditinggali bersama nyaman untuk dihuni. Selain itu, jangan ragu untuk meminta bantuan inspektur bangunan atau kontraktor profesional untuk mengevaluasi kondisi bangunan rumah.

5. Pertimbangkan investasi jangka panjang

Saat kamu dan pasangan berencana ingin membeli rumah, sebaiknya pertimbangkan juga mencari rumah yang dapat memberikan nilai investasi jangka panjang. Dilansir dari The Investopedia, untuk mengetahui rumah yang dapat memberikan nilai investasi jangka panjang, pertama-tama kamu bisa memperhatikannya dengan melihat kondisi lingkungan sekitarnya. Biasanya nilai properti di lingkungan tersebut akan meningkat seiring dengan pertumbuhan lingkungan tersebut.

Kedua, perhatikan rencana pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan di daerah tersebut. Rencana pembangunan infrastruktur seperti mall, jalan tol, stasiun kereta api, atau bandara dapat meningkatkan nilai properti di daerah tersebut.

Ketiga, pastikan bahwa rumah yang akan dibeli memiliki potensi untuk renovasi atau perbaikan. Hal ini dapat meningkatkan nilai properti di masa depan dan memberikan keuntungan investasi yang lebih besar.

Dalam mempertimbangkan investasi jangka panjang, tidak ada salahnya melakukan riset dan konsultasi dengan ahli properti atau agen properti agar dapat memperoleh informasi yang lebih akurat dan mendapatkan saran terbaik sebelum memutuskan untuk membeli rumah sebagai investasi jangka panjang.

 

*Penulis: Amelia Septika

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading