Sukses

Relationship

5 Tanda Saatnya Memiliki Rumah Sendiri setelah Menikah

Fimela.com, Jakarta Sebelum menikah, persoalan akan tinggal di mana ketika sudah berumah tangga perlu dibicarakan dengan baik. Berbagai opsi pun tersedia mulai dari tetap tinggal bersama orangtua, mertua, mengontrak rumah, hingga menempati rumah yang dibeli sendiri. Bagi kamu yang berencana baru akan membeli rumah setelah menikah, ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan sudah benar-benar siap dengan keputusan membeli rumah tersebut.

Berikut ini lima hal yang bisa jadi tanda kamu dan pasangan sudah siap membeli rumah setelah menikah. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Ada Penghasilan yang Cukup

Mengutip buku Make It Happen, saat kita memutuskan membeli rumah, maka kita akan perlu menyisihkan penghasilan untuk membeli aset. Membeli rumah berarti harus siap dengan biaya pemeliharaan yang cukup tinggi. Jika membeli rumah secara kredit, maka kita perlu kesiapan matang untuk membayar cicilan dengan tepat waktu. Memiliki penghasilan yang cukup jelas menjadi pertimbangan pertama sebelum membeli rumah.

 

 

2. Ada Kesiapan Mental yang Kuat

Kesiapan mental sama pentingnya juga dengan kesiapan finansial. Apalagi jika tujuan memiliki rumah adalah untuk menetap, maka perlu benar-benar memantapkan diri ketika memilih lokasi untuk rumah yang akan dibeli. Karena setelah membeli rumah masih akan ada banyak hal lain yang perlu dipenuhi, mental yang sudah benar-benar siap akan memudahkanmu untuk mengatasi itu semua.

 

 

3. Ada Keselarasan dengan Rencana Masa Depan Bersama

Sandang, pangan, dan papan adalah kebutuhan primer. Kebutuhan-kebutuhan tersebut memang perlu dipenuhi lebih dulu sebelum memenuhi kebutuhan lainnya. Ketika keputusan membeli rumah bisa menunjang pemenuhan kebutuhan tersebut serta selaras dengan rencana masa depan bersama, maka hati bisa makin mantap untuk membeli rumah dengan pasangan.

 

 

4. Ada Keinginan untuk Hidup Lebih Mandiri

Keinginan untuk hidup lebih mandiri bisa menjadi pendorong untuk memiliki rumah sendiri setelah menikah. Tak ingin lagi menjadi beban orangtua atau mertua, memiliki rumah sendiri bisa hadirkan kenyamanan hati sendiri. Meski mungkin belum bisa membeli rumah mewah, tapi setidaknya ketika sudah memiliki tempat hunian milik sendiri ada rasa tenang yang bisa didapatkan.

 

 

5. Ada Kemantapan Hati Bersama

Saat kamu dan pasangan sudah bisa sama-sama yakin dan mantap, maka bisa langsung memberanikan diri untuk membeli rumah pertama. Kemantapan hati ini perlu dimiliki agar tidak gampang stres atau tertekan menghadapi persoalan atau masalah baru dalam proses membeli dan memiliki rumah sendiri. Kalau masih ada rasa ragu atau cemas berlebihan, ada baiknya dibicarakan kembali.

Bagi kamu yang ingin memiliki rumah sendiri setelah menikah, semoga rencanamu bisa terwujud nyata dengan lancar, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading