Sukses

Lifestyle

6 Alasan ​​yang Perlu Dipertimbangkan Tentang Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa

Fimela.com, Jakarta Dalam menjalani kehidupan, tentu akan banyak hal tak terduga yang dapat terjadi secara tiba-tiba seperti sakit, kecelakaan, dan lainnya. Oleh karena itu, perlunya perlindungan untuk diri sendiri melalui asuransi, salah satunya asuransi jiwa. Dilansir investopedia.com, asuransi jiwa merupakan kontrak antara perusahaan asuransi jiwa dengan pemilik polis. Dengan memiliki asuransi jiwa, perusahaan asuransi akan membayar sejumlah uang kepada satu atau lebih penerima manfaat jika orang yang diasuransikan meninggal dunia.

Biaya yang dibayarkan sebagai ganti premi yang telah dibayarkan pemegang polis selama hidupnya. Sewaktu hidup, pemegang polis harus membayar premi tunggal di muka atau membayar premi reguler dari waktu ke waktu supaya polis asuransi jiwa tetap berlaku. Selain itu, polis asuransi jiwa bersifat permanen dan tetap aktif sampai tertanggung meninggal dunia, berhenti membayar premi, atau menyerahkan polis. 

Dilansir dari forbes.com, jumlah uang yang dikenal dengan pertanggungan hidup dapat membantu mengamankan kebutuhan masa depan keluarga jika pemegang polis meninggal. Asuransi jiwa memiliki dua jenis utama yaitu perlindungan murni dan perlindungan serta tabungan. Perlindungan murni berguna untuk memberikan perlindungan finansial kepada keluarga saat pemegang polis meninggal dengan premi yang dibayarkan dengan tarif relatif rendah, sedangkan asuransi jiwa perlindungan dan tabungan berguna untuk merencanakan tujuan jangka panjang seperti pendidikan anak.

Alasan Pentingnya Asuransi Jiwa

Dilansir dari newyorklife.com, asuransi jiwa dapat memberikan ketenangan pikiran dalam menjamin bahwa yang membelinya telah memberikan warisan. Asuransi jiwa juga banyak memberikan manfaat bagi yang membelinya. Oleh karena itu, berikut beberapa alasan pentingnya asuransi jiwa:

Perlindungan terjamin

Membeli asuransi jiwa dapat menjadi jaring pengaman keuangan bagi keluargamu karena bersifat seumur hidup sehingga ketika kamu meninggal, ahli waris akan menerima pembayaran sekaligus yang dijamin akan dibayar penuh asalkan semua premi dibayar dan tidak ada pinjaman yang belum lunas sehingga keuangan keluarga pasti terjamin ketika kamu meninggalkan mereka. 

Pengganti pendapatan

Asuransi jiwa dapat membantu kamu memastikan bahwa keluargamu memiliki uang yang mereka butuhkan untuk membiayai anak, perawatan kesehatan, membayar biaya kuliah, dan lainnya ketika kamu tiba-tiba tidak memiliki penghasilan. 

Memberikan manfaat bebas pajak

Manfaat dari asuransi jiwa umumnya diteruskan bersama bebas pajak pendapatan federal. 

Pertumbuhan nilai tunai terjamin

Ketika kamu membayar premi, polis asuransi jiwa akan membangun nilai tunai yang dijamin akan tumbuh dengan pajak yang juga akan ditangguhkan sehingga dapat memenuhi berbagai sasaran keuangan seperti menambah pendapatan pensiun, mendanai pendidikan anak, melunasi hipotek, menyiapkan dana darurat, melindungi aset, dan lainnya.

 

 

Manfaat Asuransi Jiwa

Dilansir dari allstate.com, asuransi jiwa memiliki beberapa manfaat diantaranya:

  1. Membayar biaya akhir. Dengan memiliki asuransi jiwa dapat membantu kamu untuk membayar biaya akhir setelah meninggal dunia seperti biaya pemakaman atau kremasi, tagihan medis yang tidak tertanggung oleh asuransi kesehatan dan kewajiban lainnya yang belum dibayar. 
  2. Melunasi utang atau mengganti pendapatan. Asuransi jiwa juga dapat menggantikan penghasilan kamu ketika meninggal dunia sehingga penerima manfaat dapat menggunakan uang yang diterima untuk menutupi pengeluaran penting seperti membayar hipotek, biaya kuliah, melunasi hutang atau tagihan, dan lainnya. 
  3. Menjadi warisan. Seseorang yang memiliki asuransi jiwa secara tidak langsung dapat meninggalkan santunan kematian sebagai warisan untuk keluarganya. 
  4. Kontribusi amal. Polis asuransi jiwa juga dapat dibuat dengan badan amal favorit sebagai penerima manfaat sehingga setelah meninggal manfaat tersebut akan diberikan kepada badan amal pilihanmu.

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading