Sukses

Lifestyle

Apa Penyebab Keluar Flek Coklat? Simak Penjelasannya di Sini

Fimela.com, Jakarta Haid dialami setiap wanita secara rutin setiap sebulan sekali. Terjadinya haid terkadang diiringi dengan berbagai gejala seperti nyeri haid, kram di bagian perut serta moodswing atau kondisi mood yang berubah secara drastis. Gejala yang paling umum terjadi adalah perut kram.

Sebelum atau sesudah menstruasi, perempuan biasanya mengalami keputihan. Keputihan merupakan salah satu hal yang sangat wajar dan merupakan cara tubuh untuk menjaga serta dapat membantu vagina untuk tetap bersih dan terlidungi dari berbagai infeksi.

Keputihan yang sehat umumnya berwarna putih atau bening dan tidak berbau. Namun bagaimana jika saat keputihan keluar flek coklat? Simak penyebab keluar flek coklat berikut ini.

1. Stres

Stres bisa membuat kadar hormon di dalam tubuh terganggu, termasuk hormon yang memengaruhi siklus haid. Hal ini dapat menyebabkan munculnya flek cokelat sebelum memasuki periode haid.

2. Tanda Kehamilan

Flek cokelat sebelum haid juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. Umumnya, flek cokelat keluar pada trimester pertama kehamilan dan paling sering terjadi saat usia kehamilan 6–7 minggu.

Namun, jika munculnya flek cokelat disertai dengan kram perut atau darah yang keluar lebih banyak dari menstruasi pada umumnya, hal tersebut bisa menjadi tanda terjadinya keguguran.

3. Perimenopause

Flek cokelat sebelum haid juga dapat muncul pada masa transisi menuju menopause, yaitu sekitar usia 40 tahun ke atas. Hal ini dapat terjadi karena penurunan jumlah hormon estrogen yang turut memengaruhi siklus menstruasi.

4. Efek Samping Alat Kontrasepsi

Konsumsi pil KB juga diketahui dapat memicu munculnya flek cokelat yang tidak teratur. Selain pil KB, alat kontrasepsi lain yang juga dapat memicu munculnya flek cokelat adalah IUD atau KB spiral.

5. Infeksi

Infeksi pada organ kewanitaan, seperti penyakit menular seksual, infeksi jamur, atau infeksi HPV, bisa menyebabkan munculnya flek cokelat sebelum haid.

Tak hanya itu, biasanya kondisi-kondisi tersebut juga disertai dengan gejala lain,  seperti gatal atau nyeri pada vagina, nyeri setelah berhubungan seksual, dan muncul bau tidak sedap dari vagina.

Meski bukan merupakan kondisi yang membahayakan tubuh, tetapi ada baiknya bila kamu memeriksakan diri ke dokter bila mengalami flek coklat sebelum haid. Terlebih, jika kondisi tersebut disertai dengan gejala lain, seperti perih atau gatal serta terjadi perdarahan setelah berhubungan intim.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi risiko munculnya flek coklat sebelum haid, di antaranya:

  • Menjaga berat badan
  • Menghindari stres
  • Mengganti alat kontrasepsi atau konsumsi pil KB sesuai anjuran
  • Melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading