Sukses

Lifestyle

Cara Mengusir Tikus yang Mengganggu di Rumah

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang menginginkan adanya tikus di dalam rumah? Tidak ada orang yang mau hidup berdampingan dengan tikus di dalam rumah. Hewan pengerat yang satu ini memang sangat tak diinginkan karena tikus sering memakan makanan yang disimpan di dapur.

Tidak hanya itu, tikus juga cukup berbahaya karena bisa menularkan penyakit pada manusia. Makanan yang dikonsumsi tikus bisa jadi telah terkontaminasi oleh bakteri Leptospira yang bisa menularkan penyakit Leptospirosis pada manusia.

Oleh karena itu, tikus yang ada di dalam rumah memang harus segera diusir karena tikus dapat berkembang biak dengan cepat. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir tikus.

Cara Mengusir Tikus

1.Blokir jalan masuk

Tikus dapat masuk lewat celah kecil di dinding. Kamu tidak akan dapat menyingkirkannya sendiri kecuali tahu di mana tikus masuk. untuk mengusir tikus di dapur, kamu harus menutup bukaan untuk mencegah tikus masuk. Pastikan pintu masuk dapur aman. Jangan biarkan ada celah atau lubang yang dapat diakses tikus untuk masuk ke rumah.

2. Singkirkan sisa makanan

Bukan ide yang baik untuk menyimpan sisa makanan di lemari dapur. Jika kamu memiliki sisa makanan favorit, simpanlah di kulkas, bukan di lemari dapur. Kamu juga tidak dapat memiliki makanan yang menumpuk di lemari dapur jika ingin menyingkirkan tikus.

3. Kapur barus

Tikus sangat sensitif terhadap penciuman, jadi menempatkan benda-benda berbau tajam ini di dekat rumah mereka akan mengusir mereka. Kapur pada dasarnya adalah bola komposisi kimia yang terutama terbuat dari naftalena dan dapat digunakan untuk mengusir dan membunuh tikus dan berbau tidak sedap, membuat tikus meninggalkan tempat bersarangnya dan mencari yang baru.

4. Minyak peppermint

Minyak peppermint membantu mengendalikan bau tikus karena meninggalkan aroma kuat yang tidak tikus sukai. Kamu dapat menyingkirkan tikus dengan menaburkan minyak esensial peppermint pada bola kapas kecil, dan kemudian menempatkannya di lemari dapur atau bisa menyemprotkannya ke tepi cabinet

5. Cuka

Cuka adalah bahan alami lain yang bisa digunakan untuk menjauhkan tikus dari lemari dapur karena memiliki bau yang kuat yang tidak menyenangkan bagi serangga termasuk tikus. Letakkan semangkuk cuka di dalam lemari dapur agar tikus menghilang.

6. Tutup makanan di wadah penyimpanan

Salah satu cara yang paling disarankan untuk menjauhkan tikus dari rumah adalah dengan menjauhkan makanan. Tikus selalu mencari makanan, jadi jika kamu menyimpan makanan dan menyegelnya dalam wadah kedap udara, tikus tidak akan bisa mendapatkannya.

Cara Mengusir Tikus

7. Pelihara Tikus

Kucing bisa menjadi solusi pengendalian hama yang baik. Untuk menyingkirkan tikus dari lemari, atau ruangan lain di rumah, kamu bisa meletakkan kucing di rumah karena kucing dikenal suka berburu tikus. Dengan memiliki kucing di rumah, kamu akan dapat mengendalikan populasi tikus dan tidak membiarkan mereka menyerang dapur setiap saat.

8. Gunakan perangkat ultrasonik plug-in

Jika kamu merasa ada tikus yang menyerang dapur, coba colokkan perangkat ultrasonik. Perangkat baru ini tidak mahal, tidak memerlukan umpan, dan tidak menyakiti tikus dengan cara apa pun. Perangkat ini adalah cara yang sangat baik dan manusiawi untuk menyingkirkan tikus.

Menempatkan perangkat elektronik di area tikus aktif, seperti di dekat persediaan makanan mereka di lemari dapur, akan menyebabkan mereka melarikan diri dan mencari lingkungan yang lebih tenang.

9. Perangkap tikus

Kamu dapat menggunakan perangkap lem atau kotak untuk menangkap tikus di dapur. Setelah menangkap tikus, kamu cukup melepaskannya di ladang atau hutan yang jauh dari rumah.

10. Hubungi pengendali hama profesional

Jika kamu merasa sangat stres dengan tikus, sebaiknya hubungi pengendali hama profesional. Perusahaan profesional akan mampu menangani hama dengan aman dan efektif.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading