Sukses

Lifestyle

5 Cara untuk Meningkatkan Disiplin agar Dihargai Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Belajar menguasai disiplin tidaklah mudah karena harus membangun kebiasaan baik agar terbiasa disiplin. Disiplin adalah sikap yang diperlukan untuk menjadi orang profesional baik dalam pekerjaan, sekolah, maupun kehidupan sehari-hari. Orang yang disiplin akan lebih dihormati banyak orang karena dapat menghargai waktu. Meskipun terkadang sulit mengontrol kebiasaan untuk menunda sesuatu, disiplin tetap dapat dipelajari melalui kebiasaan kecil.

Untuk menjadi disiplin, seseorang harus berusaha konsisten dalam mengendalikan tindakan, perasaan, dan emosi. Misalnya saat bekerja memiliki jam masuk yang harus dipatuhi, maka disiplinlah untuk berangkat lebih awal. Membangun sikap disiplin dapat dilakukan dengan latihan melalui cara berikut ini.

1. Raih Target Kecil Lebih Dulu

Setiap orang pasti memiliki target dalam hidup. Baik meraih karir cemerlang, target dalam keuangan, atau meraih cita-cita. Semua target besar mungkin akan memberi tekanan karena tidak mudah diraih dengan cepat. Hal ini bisa menurunkan sikap disiplin karena rasa putus asa. Untuk itu, latih diri meraih target kecil lebih dulu agar terbiasa untuk konsisten dan disiplin. Misalnya meraih target untuk rutin minum air putih. Saat berhasil meraihnya, maka diri akan terbiasa untuk bersikap konsisten dan disiplin meraih tujuan.

2. Berlatih Menetapkan Prioritas

Saat aktivitas padat, rasanya semua pekerjaan harus dilakukan bersamaan. Bukan karena penting, namun pikiran ingin menyelesaikan dengan cepat yang mengendalikan tindakan ini. Tidak semua hal dapat dilakukan bersamaan yang pada akhirnya saat gagal menyelesaikan tugas, rasa malas dan menyerah akan menyelimuti. Alangkah lebih baik untuk menetapkan prioritas dan selesaikan dari yang terpenting lebih dulu. Selain membantu meringankan pekerjaan, belajar mengatur prioritas akan membuatmu disiplin dalam menyelesaikan tugas.

3. Ciptakan Kebiasaan Baru

Memperoleh disiplin diri dan berusaha menanamkan kebiasaan baru adalah cara paling efektif. Fokuslah untuk melakukan satu hal secara konsisten dan kuasai disiplin diri dengan mengingat tujuan tersebut. Misalnya ingin menciptakan kebiasaan membaca, maka cobalah untuk menetapkan target minimal membaca 1 halaman buku dalam sehari. Mulailah dari langkah kecil. Pada akhirnya, pikiran dan perilaku akan berubah jadi disiplin.

4. Berlatih Tekun

Disiplin adalah sikap yang dibangun dan dipelajari. Untuk itu, belajarlah mulai dari tekun melakukan satu hal pada satu tempat. Misalnya dengan tekun bangun pagi setiap hari atau tekun mempelajari hal baru, maka lakukanlah setiap hari dengan fokus. Disiplin membutuhkan pengulangan yang hingga akhirnya melekat menjadi sikap. Saat sudah berhasil tekun, cobalah untuk menambah list kegiatan yang ingin ditekuni.

5. Hilangkan Gangguan

Menghindari gangguan adalah hal penting untuk melatih disiplin. Misalnya kamu mudah terganggu dengan televisi dan ponsel, maka hindarilah dua benda tersebut saat melakukan kegiatan lain. Langkah ini merupakan langkah kecil yang nyatanya berpengaruh pada proses melatih disiplin.

Disiplin adalah sikap yang dibangun dan dipelajari. Saat berhasil menjadi disiplin, akan banyak manfaat yang dapat dirasakan seperti menghemat waktu, dihargai banyak orang, dan tidak melewati detail kecil dalam kegiatan harian.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading