Sukses

Lifestyle

Penyebab Kucing Sering Terengah-engah yang Harus Kamu Perhatikan

Fimela.com, Jakarta Salah satu alasan kucing menjadi hewan yang dipelihara adalah karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan. Ada banyak orang yang menyukai kucing sehingga memilih untuk memelihara hewan ini di rumahnya. Selain itu, kucing adalah hewan yang jinak dan tidak akan menyerang majikannya.

Namun memelihara kucing perlu komitmen tinggi. Biaya perawatannya tidak bisa dibilang murah, apalagi untuk kucing-kucing dengan ras tertentu yang harga jualnya mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Sebagai pemilik kucing yang telah memutuskan untuk memelihara kucing, maka harus siap bertanggung jawab pada hidupnya juga, terutama kesehatannya. Bagaimana jika tiba-tiba kucing sering terengah-engah?

Tak perlu khawatir, ternyata ada beberapa penyebab kucing terengah-engah. Berikut beberapa hal yang mungkin jadi penyebab kucing sering terengah-engah.

1. Kelelahan

Salah satu penyebab kucing terengah-engah yang paling umum adalah kucing sangat aktif dalam beraktivitas. Kucing yang suka berlarian ke sana ke mari dan bermain dengan kucing lainnya, biasanya akan terengah-engah jika sudah merasa lelah. Jangan khawatir, nanti kucingmu akan beristirahat begitu ia merasa lelah.

2. Kepanasan

Kalau cuaca sedang panas, maka penyebab dari kucing terengah-engah adalah karena sedang kepanasan. Jika sudah demikian, maka tempatkan kucingmu di ruangan yang dingin. Berikan ia air minum untuk meredakan kepanasan yang ia rasakan.

3. Dehidrasi

Kucing memang tidak suka air, namun bukan berarti kucing tidak membutuhkannya. Kucing sama seperti manusia yang juga membutuhkan air untuk pertumbuhannya. Oleh karena itu, jika ia kekurangan air, kucing akan dehidrasi dan terengah-engah. Pastikan kamu memenuhi kebutuhan air minumnya ya, Sahabat Fimela.

4. Cemas atau Takut

Ketika kucing merasa cemas atau takut, kucing juga akan terengah-engah. Hal tersebut dikarenakan ketika merasa cemas atau takut, debar jantung kucing akan meningkat. Kemudian tubuh kucing akan berupaya mengontrol pernapasan dengan membuka mulutnya.

5. Penyakit Tertentu

Kucing terengah-engah juga bisa disebabkan karena penyakit tertentu, misalnya gangguan saluran pernapasan, jantung dan paru-paru. Pada tingkat ringan mungkin belum terlalu terlihat, namun jika sudah parah, kucing bisa tersengal bahkan hingga sulit bernapas.

Agar lebih pasti, kamu bisa memastikannya pada dokter hewan. Jika memang kucing terengah-engah tersebut merupakan tanda dari suatu penyakit, maka dokter nantinya akan segera memberikan penanganan sesuai dengan penyakit yang diderita.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading