Sukses

Lifestyle

Tips Sukses Personal Branding di Media Sosial Menurut Rizkyana Kainan

Fimela.com, Jakarta Menjadi influencer kini banyak diidamkan masyarakat. Sebab, pekerjaan ini dapat dikerjakan kapan saja dan dari mana saja, bahkan hanya di rumah. Meskipun begitu, penghasilan para influencer tak main-main, karena mereka umumnya bekerja sama dengan beberapa brand untuk membantu mengiklankannya.

Influencer sendiri dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan followers-nya. Pertama adalah influencer nano yang memiliki jumlah followers 1000 - 10 ribu, kemudian mikro dengan followers 10 ribu – 100 ribu, dan makro yang memiliki followers lebih dari 100 ribu. Kemudian, ada pula influencer kelas mega yang sudah memiliki followers di atas 1 juta.

Terus berkarya

Seperti yang dilakukan Rizkyana Kainan, ibu rumah tangga yang memutuskan resign sebagai pramugari dikarenakan hamil pada 2019 dan kini fokus menjadi influencer dengan jumlah pengikut sudah lebih dari 400 ribu.

Berkarier sebagai influencer dimulai pada 2018 lewat platform YouTube, tetapi masih belum ditekuni karena resign hamil. Usai resign, ia lebih memfokuskan bermain media sosial salah satunya Instagram dan menginspirasi banyak orang dengan membagikan lifestyle dan fashion-nya dengan keluarga kecilnya.

Menurut Rizkyana, sebagai influencer tidaklah mudah. Karena memiliki pengaruh besar di media sosial kepada pengikutnya, ia merasa memiliki tanggung jawab untuk selalu membagikan sugesti positif. Memilih nama Key agar mudah diingat, Rizkyana juga tak lupa bahwa influencer harus memiliki karakter sendiri dan selalu kreatif.

Jadi diri sendiri menjadi kunci sukses

“Menjadi influencer tidak boleh meniru dengan yang lainnya, harus jadi diri sendiri alias harus dengan karakter influencer sendiri karena influencer memberikan sugest positif ke khalayak banyak orang atau suka jadi panutan,” ungkapnya. “Jadi bangunlah personal branding, konsep konten yang matang dan terstruktur, selalu merapikan dan merancang konten, selalu upgrade kemampuan diri kita dan jangan lupa berinteraksi dengan followers kita,” tambahnya.

Kini, pemilik akun Instagram @key.rzky dan @arkaanshaquille.nugroho dan TikTok @key.rzkytv sudah banyak bekerja sama dengan beberapa brand, seperti Scarlett, Reglow, Gthingsst, Ancol, Smartfren, Levoit, Sambal ABC, dan masih banyak lainnya.

Rizkyana berpesan untuk para influencer baru agar tidak terlalu selektif saat memilih brand karena influencer dan brand memiliki tujuan yang sama, untuk saling membantu dan mendapatkan eksposur. "Tidak perlu terlalu selektif memilih brand , karena tujuannya kan untuk saling membantu dan saling mendapatkan exposure,” terangnya.

 

 

 

 

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading