Sukses

Lifestyle

5 Penghambat yang Membuatmu Sulit Bahagia Saat Ini

Fimela.com, Jakarta Sering merasa makin sulit bahagia akhir-akhir ini? Merasa hidupmu sudah tak berarti bahkan tak terasa menyenangkan lagi? Sebelum makin menyalahkan diri sendiri atau menyalahkan keadaan, coba luangkan waktu sejenak untuk mencari tahu penyebabnya.

Bisa jadi penyebabnya ada di dalam dirimu sendiri. Ada hal-hal di dalam dirimu yang menghambatmu memperoleh kebahagiaanmu sendiri. Seperti lima penghambat ini yang mungkin masih jarang disadari.

 

 

1. Tidak Tahu Kebutuhan Dasar Diri

Mengutip buku Beyond Mars and Venus, "Merasakan kebutuhan dasar akan membantu menuntun dan memotivasi kita pada tindakan yang mendukung kesehatan, kebahagiaan, dan cinta." Kebutuhan kita pada dasarnya yang menentukan prioritas dan motivasi kita. Kalau kita tak tahu kebutuhan kita sendiri, maka akan sulit bagi kita untuk menetapkan pilihan atau prioritas yang perlu didahulukan. Kebingungan ini pun menjadi penghambat kita mendapatkan kebahagiaan.

 

 

2. Terlalu Sering Berpikiran Buruk

Apa yang kita pikirkan bisa memengaruhi suasana hati kita. Kalau yang kita pikirkan cenderung lebih banyak hal buruk atau negatif, maka suasana hati kita pun bisa ikut memburuk. Bisa jadi selama ini kamu sulit bahagia karena kamu memenuhi isi kepalamu dengan hal-hal yang tidak menyenangkan untuk dirimu sendiri.

 

 

3. Tak Mau Berusaha untuk Bersyukur

Makin kamu enggan berusaha untuk bersyukur, kebahagiaan bisa makin jauh darimu. Mengutip buku Happiness Inside, sewaktu kita bersyukur, ada sesuatu yang bertumbuh dalam hati kita, dan inilah yang membuat kita berbahagia. Dengan kata lain, saat kita tidak mau berusaha untuk bersyukur maka pada dasarnya kita tidak mau mengusahakan kebahagiaan kita sendiri.

 

 

4. Belum Bisa Berdamai dengan Ketidaksempurnaan

Di dalam hidup ini ada banyak hal yang tidak sempurna. Bahkan sesuatu yang sudah diupayakan dengan sepenuh hati bisa berujung dengan kegagalan atau kekecewaan yang tak pernah kita inginkan. Hal yang kamu banggakan pun bisa jadi masih dipandang banyak kekurangan di mata orang lain. Menyikapi hal ini, kalau kamu tak berusaha berdamai dengan ketidaksempurnaan, maka dirimu akan makin sulit merasa bahagia.

 

 

5. Tak Memberanikan Diri Mencoba Hal Baru

Rasa jemu, jenuh, dan bosan bisa membuatmu sulit merasa bahagia. Sebab kehidupan jadi tampak tak menarik ketika rasa bosan melanda. Di sini kalau kamu tak memberanikan diri mencoba hal baru, maka kamu akan sulit untuk bahagia. Sebab pengalaman baru dan berbeda pada dasarnya akan hadirkan sumber kebahagiaan tersendiri dalam hidup.

Kalau ingin bahagia, bisa dimulai dengan memperbaiki sikap dan cara pandang kita terhadap diri sendiri dan kehidupan yang kita jalani. Semoga setelah ini, kamu pun bisa menemukan dan mengupayakan kebahagiaanmu dengan lebih mudah lagi, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading