Sukses

Lifestyle

Kesalahan yang Perlu Dihindari Ketika Mencuci Sepatu, Bikin Cepat Rusak!

Fimela.com, Jakarta Sepatu adalah salah satu hal yang cukup penting untuk mendukung penampilanmu sehari-hari. Ada banyak jenis sepatu yang bisa digunakan dan membuat penampilanmu semakin menarik. Tidak hanya dari jenisnya saja, namun dari warnanya pun bisa jadi menarik. Oleh karena itu, kamu harus memilih warna sepatu yang cocok dengan penampilanmu agar semakin menarik.

Namun dalam mencuci sepatu tidak bisa sembarangan. Mencuci sepatu pun tidak bisa seperti mencuci barang-barang lainnya. Mencuci sepatu sembarangan bisa membuat sepatu jadi rusak.

Tentunya kamu tidak ingin sepatumu jadi rusak kan? Kalau iya, maka kamu harus menghindari beberapa kesalahan dalam mencuci sepatu berikut ini.

1. Tidak Melepas Tali Sepatu

Untuk sebagian orang, membersihkan sepatu bersama talinya adalah hal yang umum supaya tidak makan banyak waktu. Padahal, hal tersebut tidak dianjurkan dan dapat bahkan beresiko merusak sepatu itu sendiri, lho.

Tali yang masih terikat pada sepatu, mampu membuat serat pada bagian tersebut cepat terkoyak. Tak hanya itu saja, sepatu yang dicuci pun jadi tidak bisa bersih secara maksimal dan masih meninggalkan noda-noda pada area yang tidak bisa tersentuh.

2. Menggunakan Deterjen

Kandungan kimia yang ada di dalam detergen ini sangat nggak cocok dengan bahan sepatu. Untuk itu, kamu bisa mencoba memakai sabun khusus sepatu yang pastinya aman dan dapat memberikan efek bersih yang sempurna.

3. Menggunakan Sikat Kaku

Selain detergen, hindarilah penggunaan sikat kaku saat mencoba mencuci sepatu yang dimiliki. Sikat dengan bulu jenis ini, dapat membuat banyak goresan pada permukaan sepatu luar dan dalam sepatu. Sebaiknya, pilihlah sikat yang berbulu halus, agar bahan alas kakimu bisa tetap terjaga dan nggak menimbulkan kerusakan.

4. Memasukkan ke Mesin Cuci

Terdapat anggapan bahwa mencuci sepatu akan semakin mudah dan efisien bila menggunakan mesin cuci. Nyatanya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar, lho. Memanfaatkan alat elektronik ini untuk membersihkan sepatu kotor dinilai tidak efektif untuk dilakukan. Karena, cara ini hanya bisa diterapkan bila ingin menghilangkan bau tak sedap pada sepatu, bukannya noda. 

Untuk itu, kamu perlu melakukannya secara manual, yakni menggunakan kedua tangan. Apalagi bila kotoran yang melekat padanya sangat banyak dan membandel. Maka, lebih baik jika menyikatnya dengan tangan agar dapat bersih dangan sempurna.

Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat

Selain mencuci, kamu juga harus memperhatikan cara mengeringkan sepatu. Ketika musim hujan, tak hanya pakaian saja, namun sepatu jadi lebih sulit kering. Padahal sepatu butuh waktu lama untuk kering dibandingkan dengan baju. Oleh karena itu, simak cara mengeringkan sepatu dengan cepat berikut ini:

1. Gunakan hairdryer

Caranya, buka dulu tali sepatu dan keluarkan alas kaki yang ada di dalam sepatu. Kemudian, mulai dengan mengeringkan bagian luar sepatu terlebih dahulu. Setelah itu, keringkan bagian dalamnya.

Memang cara ini butuh waktu yang sedikit lama dan tenaga ekstra. Namun cara ini bisa kamu coba kalau kamu sedang terdesak dan ingin segera menggunakan sepatu tersebut.

2. Keringkan di mesin pengering

Kamu juga bisa memanfaatkan pengering di mesin cuci untuk mengeringkan sepatu basahmu. Tapi ingat, sepatu yang bisa dikeringkan di mesin cuci hanyalah model sepatu yang terbuat dari bahan kanvas, sintetis, katun, dengan sol yang tidak keras dan tidak dibuat dari gel.

3. Pakai kipas angin

Kalau kamu punya kipas angin lantai atau kipas angin meja, kamu bisa memanfaatkan kipas tersebut sebagai alat untuk mengeringkan sepatu. Sebisa mungkin untuk menggunakan kipas yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan sepatumu, agar lebih efektif.

Kamu bisa mengeringkan dengan cara menggantung sepatu di sela-sela jeruji kipas angin menggunakan kaitan. Selain cara tersebut, kamu bisa kok hanya menaruh sepatu di lantai lalu mengarahkan kipas angin ke bawah.

4. Pakai koran

Kalau kamu punya koran yang tak terpakai, ini juga bisa dipakai untuk mengeringkan sepatu. Tapi jangan gunakan koran yang memiliki banyak gambar, apalagi gambarnya berwarna hitam, karena bisa membuat sepatumu menjadi hitam.

Pilihlah koran yang agak bersih dari tulisan dan gambar. Lalu gulung, dan remas koran menjadi berbentuk bola dan masukan ke dalam sepatu. Ulangi hingga sepatu benar-benar terisi penuh.

Setelah dalamnya penuh, bungkus sepatu dari luar menggunakan koran juga. Kamu bisa mengikatnya menggunakan tali atau karet, agar koran tidak berpindah posisi.

5. Gunakan handuk

Handuk tentu saja menyerap air dengan baik. Kamu bisa menggunakannya untuk mengeringkan sepatu dengan menekan-nekan pakai handuk agar air terserap. Kamu juga bisa memasukan handuk tersebut ke dalam sepatu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading