Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Harian yang Harus Dilakukan agar Dapat Menghemat Uang

Fimela.com, Jakarta Menabung dan mengelola uang dengan baik adalah kemampuan yang penting dimiliki setiap orang. Membangun kebiasaan mengelola dan menyisihkan uang membutuhkan waktu. Apalagi dengan kebutuhan hidup yang semakin mahal, meminimalkan pengeluaran rasanya lebih sulit. Namun, menekan pengeluaran bisa diterapkan melalui kebiasaan kecil setiap hari yang tanpa sadar memakan banyak uang.

Menghabiskan uang untuk kebutuhan dasar seperti makanan dan transportasi adalah hal yang tak dapat dihindari. Tetapi ada cara untuk menurunkan pengeluaran secara keseluruhan sehingga uang dapat digunakan lebih banyak untuk keperluan lain. Melansir dari Real Simple berikut cara mudah menghemat uang setiap harinya.

1. Mengurangi Intensitas Pergi Ke Cafe

Memesan kopi, melakukan pekerjaan, atau sekedar menikmati waktu luang sambil bersantai di cafe adalah kebiasaan yang kini jadi gaya hidup. Tidak masalah bila sesekali pergi ke cafe bila diperlukan atau untuk kesenangan, namun saat terlalu sering maka tanpa disadari hanya akan membuang uang. Cobalah untuk mengubah kebiasaan ini dengan membuat kopimu sendiri di rumah. Selain lebih hemat, aroma kopi yang semerbak ke penjuru rumah akan membuat harimu lebih bersemangat.

2. Cabut Perangkat Elektronik Bila Tidak Digunakan

Mencabut perangkat elektronik yang menganggur bukan hanya menurunkan tagihan listrik, namun juga menjaga kebaikan lingkungan. Banyak orang memiliki kebiasaan membiarkan kabel terpasang pada stop kontak mesti tidak digunakan. Alasannya karena untuk memudahkan pekerjaan bila suatu waktu dibutuhkan. Padahal kebiasaan ini berdampak pada tagihan listrik. Perangkat elektronik seperti pengisi daya telepon, kabel komputer, dan teko listrik menghabiskan banyak energi.

3. Lacak Pengeluaran Harian

Meski terasa melelahkan, cara ini membantu menahan diri untuk lebih bijak menggunakan uang. Sering kali kita menghabiskan uang karena tergoda dengan diskon. Padahal barang tersebut sama sekali tidak dibutuhkan dan pada akhirnya menyesal telah membeli. Dengan mencatat pengeluaran harian akan membantumu mengidentifikasi jenis pengeluaran mana yang dapat dikurangi. Menyimpan uang itu sulit bila tidak tahu ke mana uang pergi.

4. Makan di Rumah

Kebiasaan membeli makanan dari luar atau menikmati makanan di restoran tidak masalah bila dilakukan sesekali. Namun setelah menjadi kebiasaan bisa membuatmu boros. Cara termudah untuk menyisihkan uang adalah dengan makan di rumah. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan makanan akan lebih terjangkau daripada membelinya di luar. Selain itu, memasak sendiri makananmu dapat menjamin kebersihan dan nutrisi makanan yang berdampak pada kesehatan.

5. Hindari Belanja Saat Merasa Lapar

Belanja bahan makanan kegiatan rutin untuk persediaan. Meski telah mencatat keperluan yang harus dibeli, kadang melihat makanan yang menggoda membuatmu beli tanpa berpikir panjang. Pada akhirnya pengeluaran untuk bahan makanan melebihi budget yang telah ditentukan. Trik yang dapat dilakukan adalah dengan berbelanja setelah perut terasa kenyang. Hal ini akan menghindari membeli makanan yang tak perlu karena selera makan telah hilang. Perut yang terisi nyatanya membuat dompet lebih aman saat belanja bahan makanan.

Menghemat uang untuk kebutuhan yang lebih penting harus dilakukan dengan menerapkan kebiasaan baik setiap harinya. Uang yang berhasil disisihkan akan lebih membuatmu puas setelah digunakan untuk hal mendesak atau prioritas.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading