Sukses

Lifestyle

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca Serta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Ponsel atau sering disebut juga dengan smartphone merupakan hal yang umum di era sekarang ini. Sebagian besar orang di dunia ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ponsel atau handphone (HP) sering juga dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya seperti rumah, pakaian dan makanan.

Ponsel dianggap sebegitu pentingnya karena ponsel dapat membantu manusia dalam melakukan apapun, misalnya dalam mencari informasi dengan cepat atau memberikan hiburan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian menganggap bahwa ponsel merupakan kebutuhan primer. 

Namun selayaknya benda lainnya yang diciptakan manusia, ponsel atau HP juga punya kelemahan. Tidak jarang tiba-tiba kartu SIM tidak terbaca.

Tentunya di zaman sekarang ini, kartu SIM punya peran cukup penting, seperti mengirimkan pesan lewat SMS atau lewat internet. Jika kartu SIM tidak terbaca, maka komunikasi pun jadi terhambat.

Lalu sebenarnya apa sih penyebab kartu SIM tidak terbaca? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca

1. Jangkauan Jaringan Operator Lemah

Lokasi yang menjadi tempatmu mengakses layanan seluler sangat berpengaruh terhadap kualitasnya. Semakin jauh dari BTS, maka jangkauan jaringan operator akan semakin melemah.

Kartu SIM bahkan bisa saja kehilangan berbagai macam fungsinya ketika lokasi ponsel semakin jauh dari BTS sehingga akan menampilkan pemberitahuan bahwa kartu SIM tidak terbaca.

Hal ini biasanya terjadi di daerah-daerah pedesaan dan pegunungan yang umumnya mempunyai jaringan BTS cukup jarang atau lokasinya tertutup oleh gunung sehingga jangkauannya kurang maksimal.

2. Bug Sistem Operasi

Kesalahan yang terdapat di dalam sistem operasi pun dapat menjadi penyebab erornya dukungan jaringan seluler dan membuat kartu SIM tiba-tiba tidak terbaca. Biasanya hal ini dapat terjadi setelah kita memperbaruinya.

Seperti yang kita tahu, sistem operasi umumnya berisi berbagai macam baris kode untuk menciptakan fungsi tertentu. Kesalahan pada logika dan penulisannya tentu akan sangat berpengaruh pada fungsi-fungsi terkait.

Kartu SIM yang tiba-tiba tidak terbaca juga bisa saja terjadi akibat bug tersebut. Meskipun umumnya terjadi secara langsung saat pengguna memperbarui sistem, tetapi tak jarang perlu ada pemicu sehingga bisa muncul setelah berjalan cukup lama.

3. Terlalu Banyak Proses yang Berjalan

Saat menjalankan aplikasi kamu mungkin tak menyadari kalau beberapa layanan yang beroperasi di dalamnya masih akan terus berjalan meskipun sudah menutupnya dari layar. Jika dibiarkan secara terus menerus, sumber daya yang ada di dalam handphone akan semakin habis sehingga menyebabkan beberapa fungsi seperti dukungan jaringan seluler berjalan secara tidak normal.

4. Tembaga di Kartu SIM Kotor

Seperti perangkat elektronik pada umumnya, kartu SIM juga memanfaatkan pin yang terbuat dari tembaga untuk mentransferkan data. Nah jika pin ini kotor, maka kartu SIM bisa saja tidak bisa memberikan layanan seperti biasanya.

Kartu SIM yang tidak terbaca termasuk salah satu di antara permasalahan yang bisa timbul akibat pin tembaga yang kotor. Debu dan residu bisa saja menutup salah satu pin sehingga membuat data tak bisa ditransfer dengan baik meskipun kartu SIM masih terbaca.

 5. Slot atau Kartu SIM Rusak

Selain berbagai macam teknis di atas, rusaknya slot maupun kartu SIM itu sendiri dapat menjadi pemicu timbulnya permasalahan di dukungan konektivitas ponsel seperti kartu SIM tidak terbaca. Kerusakan memang tidak bisa dihindari saat para pengguna menggunakan berbagai macam peralatan dalam durasi yang sangat lama. Memakai kartu SIM di handphone pun juga demikian.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

1. Restart HP

Cara paling mudah yang bisa kamu coba adalah dengan merestart HP. Dengan merestartnya, sistem akan coba mengenali kembali kartu SIM yang terpasang di HP. Untuk melakukannya, kamu cukup menekan dan menahan tombol power pada HP, kemudian pilih opsi Restart/Reboot.

2. Matikan dan Hidupkan HP

Jika setelah direstart kartu SIM-mu masih belum terbaca, kamu bisa menggunakan solusi kedua, yaitu mematikan dan menghidupkan HP.

Cara kerjanya sebenarnya memang sama, tapi dalam beberapa kasus telah terbukti berhasil memperbaiki masalah SIM Card yang tidak terbaca. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mematikan HP-mu kemudian nyalakan lagi setelah beberapa menit.

3. Aktifkan Mode Pesawat

Selain merestart HP, kamu bisa coba aktifkan mode pesawat untuk mengatasi SIM Card yang tidak terbaca. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu notifikasi yang ada di HP-mu
  2. Klik ikon Pesawat
  3. Tunggu selama beberapa menit
  4. Klik lagi ikon Pesawat untuk mematikan mode pesawat
  5. Cek apakah kartu SIM-mu sudah terdeteksi atau belum

4. Atur Network Operator

Solusi berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengatur network operator sesuai dengan SIM Card yang kamu gunakan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu pengaturan
  2. Pilih pengaturan SIM Card & Network
  3. Pilih SIM Card (SIM 1 atau SIM 2) yang bermasalah
  4. Pilih menu Network Operator
  5. Pilih Search Networks
  6. Tunggu sampai ditampilkan daftar operator yang tersedia
  7. Pilih operator seluler yang sesuai dengan SIM Card tersebut, misalnya Telkomsel, Indosat, XL, Axis, dll.
  8. Cek apakah SIM Card sudah terbaca atau belum

5. Matikan dan Hidupkan SIM Card

  1. Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan mematikan dan menghidupkan SIM Card melalui pengaturan HP. Berikut langkah-langkahnya:
  2. Buka pengaturan HP
  3. Pilih pengaturan SIM Card & network
  4. Pilih SIM Card yang tidak terdeteksi (SIM 1 atau SIM 2)
  5. Hapus centang pada SIM Card tersebut atau klik Turn on untuk menonaktifkannya

Itulah beberapa penyebab kartu sim tidak terbaca dan cara mengatasinya. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading