Sukses

Lifestyle

5 Tanda Teman Toxic yang Merugikanmu dan Sebaiknya Dihindari

Fimela.com, Jakarta Teman toxic adalah sebutan untuk teman yang tidak mendukungmu berkembang secara positif, namun memberi dampak negatif. Teman seperti ini akan membuat hidupmu mengalami kemunduran dan sulit berkembang. Pada akhirnya, teman toxic akan membuatmu rugi sendiri.

Tanda teman toxic umumnya adalah yang memiliki perilaku kurang baik seperti suka mencela dan lain sebagainya. Namun ada hal lain yang menjadi tanda teman toxic yang penting untuk disadari. Simak penjelasan berikut ini, hati-hati bila tanda ini ada pada temanmu!

1. Sering Memberi Kritik

Dalam beberapa hal, kritik dapat membangun bila dilakukan untuk memberi dampak positif. Namun bagi beberapa orang kritik dilakukan untuk menjatuhkan harkat dan martabat orang lain. Misalnya dengan suka mencela atau merendahkan. Hal ini dilakukan untuk kesenangan ketika melihat orang lain merasa tidak percaya diri. Bila perilaku ini ada pada temanmu, lebih baik menjauh sebelum kamu mendapat dampak negatifnya.

2. Mendominasi Semua Percakapan dan Pengambilan Keputusan

Teman seharusnya setara yang berarti saling berkompromi dan bekerja sama. Hal sederhana seperti menentukan tempat tujuan hingga segala topik percakapan adalah tindakan yang menunjukkan egonya yang tinggi. Mereka mendominasi pertemanan karena merasa yang paling kuat dan tidak menganggap keberadaanmu berharga. Perilaku ini termasuk mengabaikan pendapat dan perasaanmu.

3. Hanya Datang Ketika Butuh

Pertemanan adalah tentang memberi dan menerima. Bila kamu hanya memberi tanpa pernah menerima, bisa jadi kamu sedang dimanfaatkan. Sikapmu yang selalu baik apapun perilakunya membuatnya bertindak semena-mena. Pertemanan dengan cara ini tidak menunjukkan ketulusan dan hanya akan bertahan selama ia merasa puas telah memanfaatkanmu.

4. Tidak Memberi Dukungan

Mengalami kesulitan atau sedang tidak bersemangat? Jangan harap mereka akan mendukung dan membantumu. Memberi dukungan dan bantuan adalah sebuah pengorbanan yang hanya bisa dilakukan oleh teman sejati. Baginya yang merupakan teman toxic tidak akan sudi melakukan hal yang melelahkan hanya untuk mendukungmu.

5. Merasa Iri dan Kerap Membuatmu Jadi Bahan Gosip

Saat seseorang merasa iri, mereka bukan hanya menunjukkan sikap tidak menghargai namun juga berusaha membuatmu buruk di mata orang lain. Membuatmu jadi bahan gosip akan membuat mereka merasa puas. Apalagi bila gosip ditambah dengan bumbu kebohongan. Tak perlu diragukan bahwa ia adalah teman toxic yang lebih baik ditinggalkan.

Berteman dengan orang yang toxic hanya akan membuatmu tidak bahagia dan tidak mampu berkembang. Kelilingi diri dengan orang yang memberi dampak positif agar pertemanan bermanfaat.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading