Sukses

Lifestyle

Sederet Kebiasaan Baik Pasca Pandemi yang Masih Diterapkan Orang Tua untuk Menjaga Anak dan Keluarganya

Fimela.com, Jakarta Masa-masa kelam selama pandemi Covid-19 memang telah berlalu. Ada banyak pelajaran berharga yang dapat dipetik selama dua tahun terakhir tersebut. Lewat pandemi itu pula, banyak orang akhirnya menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan, terutama bagi anak dan keluarga.

Menariknya, tak sedikit orang tua yang masih menerapkan beberapa kebiasaan baik saat pandemi hingga sekarang, karena besarnya manfaat yang didapatkan. Lantas, apa saja kebiasaan baik saat pandemi yang dilanjutkan oleh para orang tua untuk menjaga kesehatan anak dan keluarga sampai saat ini?

Mengaplikasikan Etika yang Baik Saat Batuk dan Bersin

Meski pandemi sudah berlalu, imbaulah anak dan keluarga untuk selalu menutup mulut atau hidung menggunakan tisu ketika sedang batuk maupun bersin, agar dropletnya tidak menyebar ke mana-mana. Setelah itu, ingatkan mereka untuk membuang tisunya langsung ke tempat sampah. Oleh karena itu, orang tua perlu membekali anak maupun keluarga dengan tisu dalam kemasan kecil setiap kali keluar rumah.

Menggunakan Masker Terutama Jika Sedang Tidak Sehat

Sementara jika kondisi anak atau keluarga sedang kurang sehat, anjurkan mereka untuk beristirahat di rumah. Namun, bila terpaksa harus keluar seperti sedang ada ujian akhir sekolah atau meeting penting, anjurkan mereka untuk memakai masker. Jika maskernya kotor, beri tahu mereka untuk membuangnya langsung ke tempat sampah. Jangan lupa memberikan mereka beberapa masker, agar bisa digunakan sebagai ganti jika sewaktu-waktu diperlukan.

Menerapkan Pola Hidup yang Sehat dengan Berolahraga

Kebiasaan baik lainnya selama pandemi yang juga perlu dilanjutkan adalah menerapkan pola hidup sehat. Selain dengan mencukupi kebutuhan nutrisi harian anak dan keluarga, juga ajak mereka untuk rutin berolahraga bersama-sama. Paling tidak lakukanlah olahraga ini selama 2,5 jam per minggu atau 15-30 menit per hari. Bisa bersepeda, main sepak bola, atau olahraga favorit lainnya. Aktivitas fisik ini tak hanya bagus untuk menunjang proses tumbuh kembang anak, tetapi juga untuk menjaga daya tahan tubuh keluarga, agar mereka senantiasa sehat dan bugar setiap saat.

Mencuci Tangan Menggunakan Air Mengalir dan Sabun

Tak kalah penting untuk dilanjutkan adalah kebiasaan mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun, terutama sebelum memegang makanan maupun minuman. Sebab, anak-anak biasanya suka bermain dan keluarga tanpa sadar memegang beragam benda saat di tempat umum, sehingga membuat tangan mereka mudah kotor dan dipenuhi kuman. Dengan meneruskan kebiasaan baik ini, kesehatan anak dan keluarga pun jadi lebih terjaga.

Mandi dengan Sabun Sampai Bersih Sehabis Berkegiatan

Jangan lupa tetap menganjurkan anak dan keluarga untuk melepaskan pakaian kotor dan segera membersihkan badan setelah pulang beraktivitas di luar rumah. Ingatkan mereka agar mandi menggunakan sabun sampai bersih. Kalau bisa, tetap gunakan sabun antibakteri saat mandi sebagaimana waktu pandemi, agar tubuh tak hanya bersih, tetapi kuman-kuman yang menempel juga ikut mati.

Di samping itu, bicara tentang sabun mandi dan cuci tangan antibakteri, saat pandemi produk tersebut sempat naik harganya karena banyaknya permintaan. Demi kesehatan anak dan keluarga, orang tua kala itu pun tak ragu untuk membelinya. Dari situ, orang-orang pun akhirnya terbiasa membeli produk sabun mandi dan cuci tangan antibakteri dengan harga sepadan. 

Kebiasaan baik ini pula yang juga diterapkan oleh para orang tua dalam menjaga anak dan keluarga agar senantiasa bersih dan sehat dengan cuci tangan maupun mandi menggunakan sabun antibakteri terbaik termasuk sehabis berolahraga, seperti Lifebuoy. 

Apalagi urusan kebersihan dan aroma sabun mandi yang segar, Lifebuoy ini amat bisa diandalkan. Produk sabun antibakteri no. 1 di dunia dari Lifebuoy ini pun beragam, ada Total 10, Mild Care, Lemon Fresh, Cool Fresh dan Coconut Fresh. Masing-masing hadir dengan keunggulan berbeda. 

Tak sampai di situ, Lifebuoy juga selalu mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga. Salah satunya direalisasikan dengan menghadirkan program bernama 'Mandi Hadiah', di mana hadiahnya berupa gratis kursus atau perlengkapan olahraga.

Cara ikutannya pun tidak sulit. Tinggal beli Lifebuoy ukuran 400ml/825ml, kemudian Scan QR dan upload struk ke WA Lifebuoy dan dapatkan e-voucher dari brand-brand rekanan seperti MAP, Fitness First, Celebrity Fitness, Rockstar Academy, Sport Station, Decathlon hingga Adidas tanpa diundi. Menarik banget? Cek informasi selengkapnya di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading