Sukses

Lifestyle

5 Cara yang dapat Dilakukan untuk Membuatmu Dihargai Rekan Kerja

Fimela.com, Jakarta Dalam dunia karir tidak semua hal akan berjalan mulus. Mulai dari pencapaian karir, jabatan, perusahaan tempat bekerja, hingga rekan kerja. Akan selalu ada rintangan yang harus dilalui, bukan hanya bobot pekerjaan namun juga lingkungan sosial tempatmu bekerja. Seringkali kita diacuhkan rekan kerja lain karena tidak terlihat menonjol meski sudah melakukan pekerjaan dengan baik.

Diacuhkan rekan kerja mungkin akan membuat rasa tidak nyaman setiap kali berada di kantor, bahkan kerap terasa tidak dihargai. Bila mengalaminya, coba lakukan beberapa hal ini agar sahabat Fimela lebih dihargai oleh rekan kerja.

1. Mengambil Langkah Pertama untuk Dekat dengan Rekan Kerja

Terkadang orang lain menjadi acuh karena kamu bersikap pasif dan kurang bergaul. Lain kali, cobalah mengambil langkah pertama untuk berinteraksi lebih aktif. Berani menyapa dan membangun diskusi akan membuat orang lain menghargai usahamu untuk menjadi lebih akrab. Pastikan untuk ramah pada siapapun tanpa mengurangi rasa hormat.

2. Jangan Takut untuk Berpendapat

Saat terlibat dalam diskusi atau rapat penting dan terjadi kesalahan, jangan takut untuk mengutarakan pendapatmu. Diskusi dijalankan untuk menemukan solusi, maka jangan takut memberi saran terbaik yang telah kamu pikirkan sebelumnya. Sampaikan dengan sopan tanpa mengintimidasi. Dengan begitu rekan kerja lain akan menghargai karena menyadari kualitas dirimu.

3. Tunjukkan Rasa Terima Kasih

Ingin dihargai? Maka hargai orang lain lebih dulu. Hal ini dapat dilakukan melalui pujian, rasa terima kasih, dan memberi bantuan. Jadwal kerja yang padat kadang membuat orang lupa untuk berterima kasih dan memuji hasil kerja orang lain. Meski pekerjaan tersebut adalah kewajiban mereka, memberi pujian akan membuat orang lain merasa dihargai dan pada akhirnya akan menghargaimu juga.

4. Menunjukkan Kualitas Diri

Jangan takut untuk bersinar, tunjukkan kualitas dirimu yang sesungguhnya. Banyak orang kerap menghargai orang lain berdasarkan level dirinya. Hal ini adalah wajar karena rasa hormat cenderung diberikan pada orang dengan jabatan lebih tinggi. Meski begitu, kamu tetap dapat dihargai bila menunjukkan kualitas diri.

5. Bekerja dengan Profesional

Menjadi profesional saat bekerja bisa berupa tidak mencampurkan urusan pribadi ke pekerjaan. Hal ini termasuk dengan memisahkan kepentingan pribadi bersama teman yang juga menjadi rekan kerja. Saat di kantor, fokuslah untuk bekerja. Namun setelahnya, tunjukkan jiwa sosial tinggi dan jadilah sosok yang mudah bergaul.

Sikap profesional dan integritas tinggi akan membuatmu menonjol dan dihargai orang lain. Tetapi jangan lupa untuk tetap jadi dirimu sendiri, ya, sahabat Fimela.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading