Sukses

Lifestyle

Tips Pertemanan Langgeng hingga Kakek Nenek

Fimela.com, Jakarta Sebagai makhluk sosial, pasti ingin memiliki pertemanan yang awet dalam waktu yang lama.  Pertemanan yang langgeng selalu tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu. Kepercayaan dan komitmen yang kuat menjadi fondasi terpenting dalam hubungan ini.  

Dalam menjalani hubungan pertemanan, tentu tidak selalu dihiasi oleh kebahagiaan, namun juga berbagai rintangan. Pertemanan yang baik adalah pertemanan yang selalu ada dalam suka dan duka, dan pertemanan yang selalu mendukung akan hal kebaikan. Pertemanan yang langgeng terjalin karena solidaritas yang kuat. Lantas, apa saja cara untuk memperkuat dan mempertahankan hubungan tersebut? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Menghargai waktu

Menghargai waktu dalam pertemanan adalah kunci terpenting dalam mempertahankan hubungan. Sikap seperti ini menunjukkan bahwa kalian bisa saling menghormati urusan masing-masing. Tidak hanya itu, ini adalah bukti bahwa kamu memiliki rasa tanggung jawab dan kepedulian pada mereka. Jika ada pertemuan, usahakan untuk datang sesuai waktu yang ditentukan. 

2. Menghargai privasi

Selanjutnya adalah saling menghargai privasi dan kehidupan pribadi masing-masing. Hal ini untuk meningkatkan rasa percaya dan kestabilan dalam hubungan. Usahakan untuk memberikan batasan dan ruang bagi mereka agar bisa merasa aman. Salah satu sederhananya adalah dengan tidak menyebarkan informasi yang cukup sensitif bagi dirinya.

3. Menjadi pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik adalah salah satu bentuk perhatian sebagai teman. Hal ini meningkatkan koneksi dan ikatan yang mendalam. Tidak hanya itu, dengan saling mendengar cerita dan keluhan masing-masing, kalian akan merasakan hubungan emosional yang berharga dan saling memahami. Berikan perhatian penuh pada mereka serta buat mereka merasa aman dan tenang. 

4. Tidak mudah iri

Untuk menjalin hubungan pertemanan yang sehat dan penuh rasa bahagia, hindari perasaan iri dan dengki. Jangan pernah iri terhadap achievement yang mereka raih atau kebahagiaan yang mereka rasakan. Penting untuk tidak saling berkompetisi, karena hubungan kalian bukan ajang perlombaan. Berikan dukungan dan perayaan yang tulus atas prestasi mereka. Jadikan itu sebagai motivasi bagi dirimu juga.

5. Tidak mengekang

Terkadang, ketika teman kita memiliki teman lain, mungkin ada sedikit rasa cemburu. Kamu akan berpikir bahwa dia akan meninggalkanmu demi orang lain yang lebih asyik. Buang pikiran itu jauh-jauh. Kamu harus bisa percaya pada dirinya. Hargailah dia, karena dia pun memiliki kehidupannya sendiri. Dengan tidak mengekang, kamu menunjukkan rasa percaya dan menghargai presensi dirinya. 

Itulah 5 tips agar kamu bisa menjalin pertemanan yang awet, bahkan hingga masa tua. Inti dari pertemanan yang sehat adalah dengan tetap saling mendukung dan menghargai. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading