Sukses

Lifestyle

5 Cara Membangun Kebiasaan Positif agar Lebih Produktif

Fimela.com, Jakarta Kebiasaan kita membentuk siapa kita. Terutama untuk kebiasaan positif yang memberi dampak baik bagi karakter dan jiwa produktif. Kebiasaan sehari-hari juga menentukan kebahagiaan. Membangun kebiasaan baik memang tidak mudah. Kebanyakan orang sulit untuk berkembang jadi lebih baik karena kebiasaan yang melekat dalam diri.

Sebelum memikirkan kebiasaan baik apa yang harus mulai dilakukan, langkah paling awal adalah belajar konsisten untuk menerapkannya. Berikut cara membangun kebiasaan baik dalam diri.

1. Jadikan Sebagai Jadwal Harian

Kebiasaan positif dapat dengan mudah dibangun bila dijadikan kegiatan sehari-hari. Menyatukan kebiasaan baru pada jadwal harian akan membuatmu terbiasa untuk mengulangnya terus menerus. Misalnya kamu ingin membangun kebiasaan minum air putih, maka bawalah botol minum ke mana pun kamu pergi.

2. Ciptakan Lingkungan yang Mendukung

Berada ditengah orang yang memiliki kebiasaan positif akan membuatmu ikut pada kebiasaan mereka juga. Hal yang sama berlaku sebaliknya. Bila ingin berubah jadi lebih positif, maka dekatkan diri pada teman yang positif juga. Misalnya kamu ingin membangun kebiasaan olahraga, maka gabunglah pada komunitas suatu jenis olahraga dan ikutlah pada kegiatan mereka. Cara ini adalah teknik paling ampuh untuk membantu membangun kebiasaan baru yang baik.

3. Gunakan Pengingat

Salah satu tantangan tersulit dalam membangun kebiasaan baru adalah mengingat untuk dilakukan tiap hari. Menggunakan pengingat bisa sangat membantu. Hal ini bisa berupa visual seperti kertas catatan dan dengan aplikasi seperti alarm atau reminder. Contohnya kamu ingin membangun kebiasaan rutin mengonsumsi buah untuk sarapan, maka pasangkan kertas catatan di kulkas atau lokasi lain yang akan dilihat tiap pagi.

4. Bangun Kebiasaan Baru Satu per Satu

Faktor penyebab gagalnya membangun kebiasaan baru adalah karena melakukan banyak hal sekaligus. Lakukan satu per satu kebiasaan dan lanjutkan setelah berhasil menerapkannya. Melakukannya sekaligus akan membuatmu bosan dan pada akhirnya menyerah. Namun bila dilakukan satu per satu kemungkinan untuk berhasil lebih besar.

5. Atur Emosi

Melewatkan satu hari untuk melakukan kebiasaan baru bukan masalah besar. Kamu bisa melakukannya lagi di esok hari. Jangan terbawa emosi yang pada akhirnya membuatmu menyerah. Bila kebiasaan tersebut sangat berpengaruh pada perubahan hidupmu, maka kuatkanlah tekat dan fokus pada tujuan. Gagal atau berhasil bergantung pada bagaimana caramu mengatur emosi dan pola pikir.

Membangun kebiasaan baru membutuhkan waktu dan konsisten. Terapkan dengan taat dan rasakan perubahannya setelah berhasil menerapkan tips di atas. Semoga bermanfaat!

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading