Sukses

Lifestyle

Perkuat Koneksi dengan Fans, Fitur Broadcast Channel Instagram Diandalkan Kreator

Fimela.com, Jakarta Baru-baru ini, pengguna instagram diramaikan dengan hadirnya fitur terbaru yaitu Saluran Siaran (Broadcast Channel) yang memudahkan para penggemar untuk berinteraksi langsung dengan kreator kesukaannya. Fitur terbaru yang dihadirkan oleh Meta di Instagram secara global bertujuan untuk memberikan cara baru bagi para kreator supaya dapat berinteraksi secara langsung dengan followers mereka dalam skala besar dan real time. 

Kehadiran fitur ini di Indonesia juga telah digunakan oleh akun-akun kreator favorit komunitas Instagram Indonesia seperti @jeromepolin, @raisa6690, @raffinagita1717, dan @attahalilintar dengan mendapatkan engagement yang luar biasa dari para penggemarnya. Para kreator dapat membagikan cuplikan konten kegiatan sehari-hari melalui foto candid dan voice note. 

“Kami selalu mencari cara baru untuk membantu para kreator menjangkau audiens mereka secara langsung dan membentuk hubungan yang lebih dalam dengan komunitas mereka, seperti Saluran Siaran (Broadcast Channel) yang sudah hadir di Indonesia mulai hari ini. Fitur baru ini berperan sebagai ruang ekspresi bebas bagi para kreator, memungkinkan mereka untuk berbagi konten autentik dan menjadi lebih dekat kepada para penggemar. Konten-konten yang dapat dibagikan pun dapat bervariasi untuk memperkaya pengalaman interaksi antara kreator dan fans mereka”, ucap Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta Asia Tenggara.

 

 

Saluran Siaran (Broadcast Channel)

Fitur yang resmi telah diumumkan oleh Mark Zuckerberg melalui Saluran Siaran miliknya “Meta Chanel” di Instagram ini merupakan fitur pengiriman pesan satu ke banyak yang bersifat publik sehingga para kreator dapat mengundang dan berinteraksi dengan para fansnya. Selain itu, fitur Saluran Siaran ini juga dapat menjadi cara yang mudah dan cepat untuk para kreator memberikan informasi terbaru atau  momen di balik layar melalui teks, foto, video, dan voice note. Namun, sayangnya, hanya kreator yang dapat mengirimkan pesan, sedangkan para penggemarnya hanya dapat memberikan reaksi terhadap konten ataupun polling yang dilakukan.

“Seru! Fitur baru ini membantuku untuk bagikan momen-momen sederhana dari kesibukanku sebagai entertainer sampai keseruan bersama keluargaku. Aku bisa dengan santai membagikan cerita tentang apapun, seolah-olah sedang ngobrol dengan teman,” ujar Raffi Ahmad, salah satu publik figur. 

Tak hanya Raffi, hal yang sama juga turut dirasakan Raisa, “Mulai sekarang, aku jadi merasa lebih dekat dengan fans. Di ‘Sayang kamu sekulkas 🤗’, aku bisa bagikan voice note dari sesi latihan, huru-hara sebelum show sampai update kesibukan terbaruku sebagai beautypreneur.”

 

Cara Bergabung di Saluran Siaran

Namun, fitur Saluran Siaran ini juga akan mengalami lebih banyak pembaruan dalam beberapa bulan kedepan seperti kemampuan mengajak kreator lain ke dalam Saluran Siaran untuk kolaborasi, mengumpulkan pertanyaan untuk sesi ‘Ask Me Anything’ melalui prompt, dan masih banyak lagi yang tentunya akan meningkatkan koneksi para kreator dengan penggemar menjadi tak terbatas. 

Lalu, bagaimana cara untuk bergabung di saluran siaran:

  • Akses tautan ke Saluran Siaran pada perangkat seluler melalui stiker Story kreator yang biasanya disematkan ke profil mereka atau melalui notifikasi yang dikirimkan kepada para pengikut akun ketika kreator baru memulai membuat Saluran Siaran.
  • Lalu, ketuk “Bergabung dengan saluran siaran”. Biasanya bagi mereka yang belum mengikuti kreator akan diminta terlebih dahulu menjadi pengikut dan setelah bergabung, saluran tersebut akan muncul sebagai sebuah pesan singkat instagram di atas pesan lainnya. 

“Kami ingin memberikan pengalaman terbaik, positif dan maksimal bagi para kreator serta fans. Maka, fitur ini juga akan kami uji coba di Messenger dan Facebook dalam beberapa bulan mendatang. Selain itu, kami harapkan setiap orang untuk mengikuti Panduan Komunitas Instagram selama berinteraksi dengan fitur baru ini. Kami tidak sabar untuk melihat keseruan kreator dan fans yang tercipta di Saluran Siaran”, tutup Revie.

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading