Sukses

Lifestyle

Penyebab Perut Buncit Setelah Melahirkan Caesar dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Kehadiran buah hati tentunya sangat dinanti-nantikan oleh pasangan yang sudah menikah. Kehamilan jadi momen yang membahagiakan bagi kedua calon orang tua. Saat hamil, kesehatan ibu dan bayi jadi hal yang harus diperhatikan dan diprioritaskan setiap waktu.

Setelah melahirkan, kebahagiaan kedua orang tua makin bertambah karena kehadiran buah hati. Namun sayangnya, kebahagiaan tersebut terkadang tak bertahan lama, terutama bagi sang Ibu.

Tidak jarang Moms kemudian menyadari perubahan bentuk badannya setelah melahirkan yang membuat Moms jadi merasa tidak percaya diri. Perubahan yang paling terlihat adalah perut jadi membuncit setelah melahirkan.

Mungkin Moms juga bertanya-tanya, apa penyebab perut jadi buncit setelah melahirkan. Namun Moms juga jangan khawatir karena perut buncit setelah melahirkan bisa diatasi. Berikut penyebab perut buncit setelah melahirkan caesar serta cara mengatasinya.

1. Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar yang terjadi setelah melahirkan sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi. Jadi jika Moms merasa kesulitan buang air besar setelah melahirkan, jangan khawatir ya, Moms.

Sembelit ini memang bisa membuat perut jadi buncit setelah melahirkan. Namun sembelit bisa sembuh dalam waktu singkat kok, apalagi kalau Moms rajin makan makanan berserat dan banyak minum air putih.

2. Pola Makan Tidak Seimbang

Penyebab perut buncit setelah melahirkan caesar bisa juga karena pola makan yang tidak seimbang. Misalnya karena mengonsumsi makanan tinggi serat terlalu banyak. Hal ini dikarenakan makanan tinggi serat dapat meningkatkan jumlah gas dalam perut.

Konsumsi makanan tinggi serat tidak dilarang usai melahirkan, namun jangan berlebihan dan perlu diimbangi dengan asupan karbohidrat, protein, dan lemak yang cukup ya Moms.

3. Minuman Berkabonasi

Sama seperti makanan berserat, minuman berkarbonasi juga bisa menjadi penyebab perut buncit usai melahirkan caesar. Sebab, minuman berkarbonasi bisa memicu timbulnya gas dalam perut.

Minuman berkarbonasi seperti soda juga tidak baik karena mengandung pemanis buatan. Hindari minuman ini usai melahirkan dan lebih baik ganti dengan makanan sehat bernutrisi dan bergizi seimbang ya.

4. Kelebihan Karbohidrat

Selain serat, kebanyakan jenis makanan kaya karbohidrat seperti roti gandum atau pasta, mengandung gluten. Kebanyakan konsumsi karbohidrat mengandung gluten bisa menyebabkan perut kembung dan jadi buncit.

Dilansir Livestrong, meski gluten pada dasarnya tidak buruk, namun orang umumnya tidak bisa mencernanya dengan baik. Beberapa orang juga ada yang intolerensi gluten dan sering kembung usai memakannya.

5. Diastatis Recti

Diastatis recti adalah kondisi di mana otot perut (rektus abdominis) terpisah atau terbelah selama kehamilan. Fungsi rektus abdominis secara umum adalah bekerja sama dengan panggul dan punggung bawah untuk membantu Bunda bergerak dan mentransfer berat badan melalui daerah panggul.

Diastatis recti bisa timbul atau diperburuk dengan operasi caesar. Hal ini juga dapat menyebabkan perut buncit seperti masih hamil meski sudah melahirkan.

Selain perut buncit, Bunda dengan diastatis recti bisa mengalami nyeri punggung, konstipasi, dan perubahan postur tubuh. Biasanya kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya usai melahirkan.

Cara Mengatasi Buncit Setelah Melahirkan Secara Alami

1. Olahraga Ringan

Membiasakan olahraga ringan bisa menjadi cara mengatasi perut buncit setelah melahirkan. Hal ini dikarenakan olahraga bisa memicu otot-otot agar kembali kencang. Olahraga ringan dapat dilakukan dengan aktifitas sehari hari, misalnya jalan-jalan di sekitar rumah sambil menggendong si kecil.

2. Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Cara mengatasi perut buncit dapat menggunakan cara yang sederhana, yaitu mengunyah makanan secara perlahan. Tujuannya, agar makananmu dapat dicerna dengan baik oleh pencernaan. Selain itu, mengunyah makanan secara perlahan, dapat membuat cepat kenyang sehingga mencegahmu makan dalam porsi besar.

3. Menyusui Secara Eksklusif

Menyusui eksklusif telah dikenal sebagai cara alami menurunkan berat badan usai melahirkan. Tentunya ini juga bisa membantu mengecilkan perut buncit karena timbunan lemak ya, Moms.

Menyusui tidak hanya membakar sekitar 500 kalori dalam sehari, tapi juga melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini bisa merangsang kontraksi rahim dan mengembalikannya ke ukuran semula.

4. Menjalani Pola Hidup Sehat

Usai melahirkan caesar, Moms perlu menjalani pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi seimbang, memenuhi asupan cairan, hingga tidur cukup. Dengan menjalani pola hidup sehat, perut buncit bisa diatasi dengan baik lho.

Konsumsi makanan sesuai porsi, seperti mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang cukup. Hindari makanan manis atau yang mengandung pengawet untuk mencegah perut buncit. Jangan lupa tidur cukup setidaknya lima jam sehari untuk membantu proses metabolisme tubuh.

Itulah 5 penyebab perut buncit setelah melahirkan caesar serta cara mengatasinya. Semoga bisa membantumu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading