Sukses

Lifestyle

5 Cara Sederhana untuk Membuat Perasaan Nyaman Kembali

Fimela.com, Jakarta Saat sedang stres, penuh tekanan, atau mengalami bad mood biasanya kita akan merasa sangat tidak nyaman. Perasaan yang tak nyaman ini pun memengaruhi semangat dan produktivitas kita. Kalau dibiarkan begitu saja, perasaan tak nyaman bsia membuat kita jadi makin malas beraktivitas bahkan kehilangan semangat hidup.

Untuk membuat perasaan kembali nyaman ada sejumlah cara sederhana yang bisa dicoba. Berikut ini lima cara sederhana yang bisa diterapkan untuk membuat perasaanmu kembali nyaman di mana pun dan kapan pun. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Latihan Napas 7-11

Mengutip buku Growing Up Mindful, "Menyetel ulang napas dengan latihan yang diniatkan dapa mengatur, menggeser, dan menstabilkan energi serta suasana hati. Latihan lain yang singkat, menyenangkan, dan mudah diingat adalah latihan napas 7-11." Latihan napas ini sederhana saja, yaitu menarik napas selama tujuh hitungan lalu mengembuskan napas selama sebelas hitungan. Mengembuskan napas lebih lama daripada menarik napas membuat sistem syaraf menjadi santai dan memungkinkan kita kontak dengan saat ini, saat kita mungkin ingin bergegas dan melewatkan momen ini.

 

 

2. Menuangkan Isi Hati dalam Tulisan

Coba tuangkan semua emosi dan perasaanmu dalam tulisan. Melansir laman Insider, Carla Marie Manly, PhD, seorang psikolog klinis dan ahli kesehatan mengungkapkan bahwa menulis jurnal bisa memberi manfaat kesehatan mental, emosi, spiritual, dan fisik tergantung dari tujuan kita melakuannya. Menuliskan semua isi hati dan perasaan dalam jurnal memudahkan kita untuk mengelola stres yang kita rasakan. Perasaan pun bisa terasa lebih ringan setelah menuangkan semua hal yang kita rasakan dalam tulisan atau coretan.

 

 

3. Jalan Kaki

Saat merasa stres, suntuk, bosan, bad mood, atau jenuh, cobalah untuk jalan kaki. Jalan kaki bisa memberi bantu mengurangi stres. Karena saat jalan kaki, pikiran kita akan lebih jernih karena hal-hal yang tadinya menumpuk di dalam kepala perlahan bisa terurai. Selain itu melansir laman Shape, jalan kaki 30 menit per hari bisa bantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan serangan jantung.

 

 

4. Memandangi Sesuatu Lamat-Lamat

Mengutip buku How to Love, jika kita merasa gentar karena merasa tidak punya tempat untuk menghilangkan kecemasan, cobalah untuk memandangi sesuatu lamat-lamat. Memandangi pemandangan di balik jendela atau melihat orang-orag yang hilir mudik di keramaian bisa bantu mengurai rasa tak nyaman di dalam dirimu. Bahkan melihat awan di langit cerah bisa bantu hadirkan perasaan yang lebih nyaman.

 

 

5. Membuat Sesuatu untuk Diri Sendiri

Memasak makanan kesukaan sendiri, meracik minuman kopi favorit, atau membuat karya yang bisa membuat hari terasa lebih bermakna bisa hadirkan perasaan nyaman. Kepuasan batin yang didapatkan saat bisa membuat sesuatu untuk dinikmati sendiri menghadirkan rasa nyaman. Meluangkan waktu sejenak untuk memanjakan diri dengan hal bisa kita lakukan secara mandiri bisa bantu redakan stres juga.

Itu tadi lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk hadirkan perasaan nyaman. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading