Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Sama-sama Mencintai Seni, Tiga Sahabat Ini Membuka Bartega Studio Untuk Membantu Masyarakat Indonesia Mendalami Seni

Fimela.com, Jakarta Bartega Studio merupakan art class didirikan oleh sekelompok sahabat yang bernama Benson Putra, Jazz Pratama, dan Nadia Daniella sejak 2017. Bartega Studio menjadi salah satu art class yang sukses dalam memberikan pengalaman belajar seni yang unik dan menarik. Dalam perjalanan enam tahun mereka, Bartega Studio telah menjadi inspirasi bagi banyak masyarakat.

Sebelum membentuk Bartega Studio, Nadia Daniella, Benson Putra dan Jazz Pratama merupakan sahabat sejak dibangku perkuliahan. Ketiganya sama-sama menyukai seni sehingga menginspirasi mereka untuk membuka bisnis bersama. 

Dalam perjalanan membangun Bartega Studio menjadi bisnis bersama bukanlah suatu hal yang mudah. Nadia mengakui bahwa Bartega Studio terwujud dengan melalui proses yang cukup panjang, bermulai dari membuat acara art class pertama yang dihadiri oleh keluarga dan teman-teman, hingga berhasil menjadi art class yang dihadiri oleh peserta lain yang memiliki keinginan untuk mengasah bakat seni. Dari sinilah Nadia dengan teman-temannya melihat adanya peluang untuk menyediakan aktivitas kreatif.

"Perjalanan membangun usaha Bartega ini mirip dengan seni, an art and not a science. Gak ada formula yang bisa diambil, hanya saja mengambil langkah-langkah kecil dari awal dan sampai sekarang kami berhasil menjadi art class yang disukai banyak masyarakat saat ini. Semua bermulai dari event art class pertama kami, awalnya mengajak teman dan keluarga, kemudian ada peserta lain yang ikut berpartisipasi. Dalam situasi tersebut kami mulai bergantung pada word-of-mouth marketing hingga bisa menjadi art class yang disukai oleh masyarakat. Dari situ kami juga mencoba melakukan improvement dengan memperbanyak aktivitas dan produk, melakukan sales effort ke B2B, dan juga invest lebih banyak di digital marketing". ucap Nadia Daniela.

 

Inovasi yang dihadirkan oleh Bartega Studio

Dalam mewujudkan Bartega Studio sebagai kelas seni yang menarik dan berbeda dari yang lainnya, Nadia bersama teman-temannya memutuskan untuk lebih banyak menghadirkan guru berkualitas dengan pelatihan yang konsisten. Hal ini bertujuan agar para peserta dapat merasa nyaman dan juga belajar secara efektif baik di kelas maupun di event-event yang diselenggarakan.

Disamping itu, Nadia bersama teman-temannya juga berusaha untuk melakukan inovasi dengan melalui pendekatan mendengarkan dan memahami kebutuhan para peserta. Dalam inovasi tersebut mereka terus menambahkan variasi kelas seni yang menarik, yang meliputi berbagai teknik dan tema, kelas melukis tradisional, hingga seni abstrak modern. Selain itu, sistem kelas yang diadakan pun juga tidak sebatas offline saja tetapi terdapat juga kelas online yang memungkinkan peserta belajar seni dari jarak jauh.

Inovasi yang diberikan oleh Bartega Studio mampu menjadikan Bartega sebagai tujuan para peserta untuk menemukan sesuatu yang sesuai dengan minat dan hasrat mereka. Maka tak heran, Bartega Studio menjadi ruang eksplorasi tak terbatas yang selalu baru dan segar hingga peserta yang bergabung sampai 12 ribu orang. 

 

 

Bukan sekedar tempat belajar melukis, Bartega juga menjadi komunitas yang menghubungkan jiwa-jiwa kreatif

Tak berhenti di situ, ketiga sahabat ini juga memiliki ambisi besar untuk membangun nama Bartega Studio yang kuat. Mereka ingin menyediakan produk dan layanan yang terus menginspirasi pelanggan mereka untuk belajar dan mencipta karya.

"Kami ingin terus membangun brand Bartega dengan cara menyediakan produk dan jasa yang bisa terus menginspirasi customer kami untuk belajar membuat karya. Selain itu, kami juga ingin membangun lebih banyak lagi lokasi dan studio Bartega agar teman-teman pecinta seni lukis bisa melakukan aktivitas seni dengan setting yang nyaman, kreatif, dan selalu baru" ucap Nadia.

Bartega Studio bukan hanya sekadar tempat belajar seni melukis, tetapi juga menjadi komunitas yang menghubungkan jiwa-jiwa kreatif. Nadia bersama teman-temannya percaya bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang bersama dalam seni.

Saat ini, Bartega Studio telah hadir di Jakarta, Bali, dan Surabaya, dan semangat mereka tak terbatas. Dengan doa dan dukungan dari banyak pihak, Bartega Studio berharap dapat membuka kelas di daerah-daerah lain di masa depan.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading