Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Harian Sederhana agar Hidup Makin Bahagia

Fimela.com, Jakarta Resep untuk memiliki hidup bahagia ada banyak sekali. Cara untuk memiliki hidup yang makin bahagia pun sangat beragam. Selama kita mau mengupayakan dan mengusahakannya kita bisa memiliki hidup yang bahagia.

Dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita terapkan dalam keseharian pun kita bisa meningkatkan kualitas hidup jadi makin bahagia. Bisa dimulai dari menerapkan kebiasaan-kebiasaan ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Tidur di Jadwal yang Sama

Hati akan lebih mudah bahagia saat kondisi tubuh bugar. Untuk menjaga kebugaran tubuh, salah satu caranya adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Bahkan dengan memperbaiki pola tidur, kondisi mental kita bisa ikut terjaga. Mengutip buku Healing the Emptiness, salah satu studi di Harvard yang dilakukan oleh Dr. Irving Kirsch menemukan bahwa memperbaiki pola tidur saja dapat memperbaiki kadar depresi sebesar 6 poin pada Skala Hamilton, sementara antidepresan kimia memberikan peningkatan rata-rata hanya 1,8 poin. Jadi, bagi dirimu yang merasa akhir-akhir ini merasa sulit tenang, cobalah untuk mulai membiasakan tidur di jadwal yang sama.

 

 

2. Banyak Jalan Kaki

Saatnya untuk lebih banyak jalan kaki dalam beraktivitas sehari-hari. Melansir laman Yahoo, Melina B. Jampolis, MD, penulis buku The Doctor on Demand Diet memaparkan, "Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas jalan kaki rutin bisa memodifikasi sistem saraf dengan cukup signifikan sehingga Anda bisa menekan perasaan marah dan benci." Suasana hati bisa lebih baik saat rutin jalan kaki. Kalau belakangan merasa gampang uring-uringan, coba luangkan waktu beberapa menit untuk jalan kaki maka rasakan nanti manfaatnya bisa membuat suasana hati lebih baik.

 

 

3. Sering Tersenyum

Kurangi kebiasaan cemberut. Perbanyak lagi senyuman di wajah. Senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya adalah hormon yang bisa membuat suasana hati kita bahagia. Memang kadang kita baru bisa tersenyum saat merasa bahagia, tetapi kita juga bisa tersenyum dahulu untuk bisa merasa bahagia.

 

 

4. Menghirup Udara Segar

Jadikan kegiatan menghirup udara segar sebagai kebiasaan harian. Mengutip buku Honjok Seni Hidup Sendiri, peneliti kesehatan masyarakat mendapati bahwa meluangkan waktu di alam terbuka dapat membangkitkan daya pemulihan diri untuk menghilangkan stres serta meningkatkan kebugaran dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Ketika pikiran sedang suntuk, jenuh, atau stres, menghirup udara segar bisa bantu tenangkan diri.

 

 

5. Mengisi Waktu dengan Kegiatan yang Disukai

Punya pekerjaan yang sangat kamu sukai? Punya hobi dan minat yang bisa membuatmu merasa gembira? Cobalah untuk meluangkan waktu dan mengatur waktu khusus untuk melakukan hal yang kamu sukai dan membuat hidupmu terasa lebih bermakna. Dengan cara ini, kebahagiaan bisa lebih mudah kamu rasakan.

Itu tadi lima kiat yang bisa dicoba dalam memperbaiki kebiasaan harian agar hati makin bahagia. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading