Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang Sangat Cerdas di Balik Sikap Elegan

Fimela.com, Jakarta Pribadi yang elegan umumnya memiliki pesona dan daya tarik sendiri. Ada aura positif terpancar kuat sekaligus pembawaan yang terlihat begitu meneduhkan pandangan. Selain itu, di balik sikap seseorang yang tampak elegan, bisa jadi ada kecerdasan di atas rata-rata yang dimilikinya.

Kali ini kita akan membahas lima tanda orang yang sangat cerdas di balik sikapnya yang begitu elegan. Tanda-tanda ini berkaitan dengan karakter hingga kebiasaan yang sering dilakukannya untuk menunjangnya terus belajar dan mengasah kecakapannya dari waktu ke waktu. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Makin Berisi Makin Merunduk seperti Padi

Orang yang sangat cerdas bisa memiliki jiwa yang sangat rendah hati. Bagai padi yang makin berisi justru makin merunduk. Mengutip buku Menjadi, ada fenomena psikologi yang menarik terkait peribahasa padi ini, yaitu Dunning-Kruger Effect. Dijelaskan bahwa ini adalah fenomena di mana tingkat kepercayaan diri seseorang akan naik dengan signifikan ketika baru mengentahui sedikit sesuatu dan justru turun ketika mereka mengetahui sedikit lebih banyak. Kenapa? Karena saat kita mengetahui sedikit lebih banyak, kita juga akan terpapar pada banyaknya hal yang kita sadari belum kita ketahui. Orang yang makin cerdas biasanya akan lebih menyadari masih ada banyak hal yang tak ia ketahui sehingga dia tak akan bersikap sok tahu atau yang paling tahu dibandingkan orang lain.

 

 

 

2. Memiliki Empati yang Tinggi

Orang yang memiliki kecerdasan emosi yang baik tidak akan gampang menghakimi atau menyudutkan orang lain. Justru akan lebih terbuka dalam menerima perbedaan dan memahami hal-hal yang dirasakan orang lain. Empati yang tinggi membuatmu jadi lebih mudah berkomunikasi dan membangun hubungan yang lebih baik dengan lingkup sosialmu. Serta, memudahkanmu untuk belajar lebih banyak hal dari orang lain dan lingkungan sekitar.

 

 

3. Suka Belajar Hal-Hal Baru dan Berbeda

Kebiasaan belajar hal-hal baru dan mencoba pengalaman-pengalaman berbeda bisa melatih fungsi otak jadi makin optimal. Mengutip buku Growing Up Mindful, otak sangat mirip dengan tubuh. Dengan melatih otak, terutama dengan kesadaran berpikir dan latihan-latihan terkait, kita dapat mengubah bentuk dan ukuran otak, mendorong konsentrasi, fleksibilitas, dan kecerdasan, serta membangun jalur-jalur dan jaringan syaraf baru. Ketika kamu bisa fokus mengembangkan diri dengan hal-hal yang bisa kamu pelajari dan usahakan dengan baik tiap harinya, maka kamu bisa memiliki kecerdasan yang makin baik pula.

 

 

4. Punya Tekad Mengoptimalkan Kelebihan Diri

Memiliki kesadaran diri akan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki membuatmu lebih mudah fokus melakukan hal-hal yang bisa membuatmu jadi pribadi yang lebih berdaya. Tekadmu yang besar dalam memaksimalkan dan mengoptimalkan kelebihan dirimu menandakan kamu tahu cara membuat dirimu bermakna dalam kehidupan ini. Serta, dari tiap peran yang kamu jalani dalam hidup kamu pun akan terus termotivasi untuk belajar hal baru dari waktu ke waktu.

 

 

5. Bisa Memetik Pelajaran dari Setiap Kegagalan

Menjadi orang cerdas bukan berarti bakal bisa melakukan segalanya dengan serba sempurna tanpa kesalahan atau kegagalan. Justru kamu bisa menjadi makin cerdas ketika bisa memilih bangkit dari kegagalan dan memetik hikmah atau pelajaran dari kegagalan yang ada. Dengan begitu, kamu bisa terus memperbaiki diri dan berkembang jadi pribadi yang lebih baik lagi.

Di balik sikapmu yang elegan, ada karakter-karakter positif yang bisa membuatmu menjadi pribadi yang cerdas. Semoga kamu pun bisa terus bersemangat melakukan hal-hal yang baik dan positif dalam hidup, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading