Sukses

Lifestyle

5 Sikap agar Tak Gampang Bosan dalam Hidup

Fimela.com, Jakarta Sering merasa bosan dalam menjalani hidup? Mulai gampang bosan dalam menghadapi rutinitas dan keseharian? Mengalami rasa bosan memang menjadi hal yang wajar dalam kehidupan, tetapi kalau rasa bosan terus menghantui keseharian kita maka itu akan membuat kualitas hidup kita menurun.

“My tendency to get kind of bored quickly and not just accepting the monotony of the status quo, the continual monotony of the single thing, but just actually trying to make it interesting and new and exciting and different.” (― Laird Hamilton, Liferider: Heart, Body, Soul, and Life Beyond the Ocean) Agar tak gampang bosan menjalani hidup, ada strategi sederhana yang bisa dicoba dengan menerapkan sejumlah sikap berikut ini.

1. Terbuka terhadap Hal Baru

Saatnya untuk bersikap lebih terbuka terhadap hal baru. Hal-hal yang mulai terasa membosankan mungkin perlu diubah. Mungkin juga ada hal-hal yang perlu ditinggalkan atau dihadirkan. Sikap yang lebih terbuka terhadap hal baru bisa memudahkanmu untuk menjalani hidup dengan lebih banyak pengalaman yang lebih bervariasi.

2. Berbaik Hati kepada Diri Sendiri

Ketika rasa bosan hadir, cobalah untuk tidak membencinya. Biarkan rasa bosan itu terserap ke dalam benakmu, lalu berbaik hatilah pada diri sendiri. Mungkin rasa bosan hadir sebagai sinyal bahwa kamu sedang butuh istirahat. Mengutip buku Honjok Seni Hidup Sendiri, peneliti kesehatan masyarakat mendapati bahwa meluangkan waktu di alam terbuka dapat membangkitkan daya pemulihan diri untuk menghilangkan stres serta meningkatkan kebugaran dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Meluangkan waktu sejenak untuk mencari udara segar bisa bantu mengatasi rasa bosan yang kamu alami..

3. Mau Mengupayakan Kebahagiaan Sendiri

Rasa bosan bisa meredupkan semangat hidup. Bahkan kalau dibiarkan terlalu lama, rasa bosan bisa makin menyulitkan kita untuk bahagia. Untuk menyikapinya kamu perlu memberaninkan diri untuk mengupayakan kebahagiaanmu sendiri. Dengan begini kamu bisa lebih mudah mengelola stres. Bisa lebih mudah memperbaiki suasana hati dengan cara ternyaman yang bisa kamu upayakan.

4. Kontemplatif Mau Memperbaiki Diri

Rasa bosan yang hadir bisa menjadi pertanda ada hal yang perlu diperbaiki. Mungkin ada hal yang perlu ditata ulang atau ada perkara yang perlu diselesaikan satu per satu. Dengan sikap mau berkontemplasi, kamu bisa lebih tenang saat rasa bosan hadir di dalam keseharianmu. Setidaknya dengan cara ini kamu tidak lagi gampang merasa tertekan tiap kali rasa bosan melanda.

5. Berprasangka Baik

Saatnya untuk mau berprasangka baik saat rasa bosan hadir. Walau mungkin kamu butuh waktu untuk mengeluarkan uneg-uneg dan hal-hal yang memberatkan dirimu, tetapi setelah itu saat kamu masih bisa menghadirkan prasangka baik maka kamu bisa lebih mudah mengatasi rasa bosan. Kadang cara termudah untuk mengatasi rasa bosan adalah melihat sesuatu dari sisi lain yang lebih cerah.

Rasa bosan hadir bisa menjadi pertanda ada perubahan yang bisa kita hadirkan untuk hidup yang lebih baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading