Sukses

Lifestyle

5 Sikap yang Membantumu Berpikir Jernih agar Kuat Hadapi Masalah

Fimela.com, Jakarta Saat sedang menghadapi sebuah masalah, pikiran kita bisa terasa sangat rumit. Segalanya terasa sulit untuk dipahami. Rasa cemas dan gelisah pun makin besar. Padahal kita perlu berpikir jernih untuk bisa lebih kuat dan mampu mengatasi masalah yang ada.

Agar pikiran bisa kembali jernih, ada sejumlah sikap yang bisa kamu coba dan terapkan. Seperti sikap-sikap berikut ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Berbaik Hati pada Diri Sendiri

Cobalah untuk lebih berbaik hati pada diri sendiri. Luangkan sedikit waktu untuk melepaskan diri sejenak dari kerumitan yang ada, seperti dengan menghirup udara segar selama beberapa waktu. Mengutip buku Honjok Seni Hidup Sendiri, peneliti kesehatan masyarakat mendapati bahwa meluangkan waktu di alam terbuka dapat membangkitkan daya pemulihan diri untuk menghilangkan stres serta meningkatkan kebugaran dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Bisa sedikit rehat dan menikmati udara segar membantu jernihkan pikiran yang sedang kalut atau ada banyak masalah.

 

 

2. Melihat Sisi Baik dari Keadaan yang Ada

Serumit apa pun situasi yang ada saat ini, cobalah untuk melihat sisi baiknya. Saat kita bisa menemukan celah tersebut, biasanya harapan baru akan muncul. Munculnya harapan baru ini dapat bantu tenangkan diri dan membuat diri bisa lebih kuat hadapi masalah yang ada.

 

 

3. Berdamai dengan Ketidaksempurnaan

Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Kita perlu menyadari bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna, maka jangan berharap kesempurnaan. Berharaplah melakukan yang terbaik, untuk menjadi lebih dari masa lalu, tapi bukan kesempurnaan. Kejarlah perubahan, bukan kesempurnaan." Agar hatimu bisa lebih tenang dan pikiran lebih jernih, cobalah untuk berdamai dengan ketidaksempurnaan. Dengan begitu, kamu tak akan merasa terlalu terbebani dalam menjalani keseharianmu.

 

 

4. Meningkatkan Keberanian untuk Mencoba Lagi

Mungkin kamu sempat kalut dan merasa terpuruk. Beri dirimu waktu untuk memproses semua perasaan yang hadir. Setelah itu, beranikan dirimu untuk mau mencoba lagi. Masalah yang ada mungkin belum bisa diselesaikan langsung dalam waktu singkat. Mungkin butuh proses selangkah demi selangkah untuk mengatasinya, jadi beranikan dirimu untuk lebih berani mengambil langkah baru untuk jernihkan pikiran.

 

 

5. Menjaga Harapan Baik

Hadirkan kembali harapan baik. Jagalah harapan baik untuk tetap menyala dalam hidupmu. Mengutip buku The Comfort Book, "Harapan itu tidak serupa dengan kebahagiaan. Kita tidak harus bahagia untuk menjadi penuh harapan. Ketidaktahuan kita tentang masa depan, dan bahwa ada berbagai versi masa depan yang bisa lebih baik daripada yang ada sekarang. Harapan, dalam bentuknya yang paling sederhana adalah penerimaan kemungkinan." Saat kita masih bisa menghadirkan harapan baik biasanya pikiran akan kembali jernih dan membuat kita bisa lebih mudah melihat gambaran yang lebih luas dari persoalan yang dihadapi.

Itu tadi lima sikap yang bisa diterapkan untuk membantumu kembali berpikir jernih. Semoga informasinya bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading